Fatma, Atha Ania Insyra (2024) Pengembangan Media Diorama Rumah Adat Joglo Berbasis Etnomatematika Materi Geometri Untuk Siswa Kelas IV MIN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20206081_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20206081_bab1.pdf Download (194kB) |
|
Text
20206081_bab2.pdf Download (284kB) |
|
Text
20206081_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20206081_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
Text
20206081_bab4.pdf Download (1MB) |
|
Text
20206081_bab5.pdf Download (65kB) |
|
Text
20206081_daftarpustaka.pdf Download (202kB) |
|
Text
20206081_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
|
Text
20206081_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (247kB) |
Abstract
Atha Ania Insyra Fatma, 2024. Pengembangan Media Diorama Rumah Adat Joglo Berbasis Etnomatematika Materi Geometri Untuk Siswa Kelas IV MIN 3 Kediri, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Muhammad Ilman Nafi‟an, M.Pd, dan (2) Tutik Dinur Rofiah, S.Pd.I. M. Pd. Kata Kunci : Media Diorama, Berbasis Etnomatematika Penelitian ini dilatar belakangi belum adanya media pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran matematika kelas IV sekolah dasar khususnya materi geometri. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran diorama rumah adat joglo berbasis etnomatematika materi geometri untuk siswa kelas IV MIN 3 Kediri 2) Untuk mengetahui bagaimana kelayakan media diorama rumah adat joglo berbasis etnomatematika materi geometri untuk siswa kelas IV MIN 3 Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD) yang menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Penelitian ini melibatkan 25 peserta didik dengan melakukan uji coba kelomok kecil sebanyak 7 peserta didik dan uji coba kelompok operasional berjumlah 18 peserta didik MIN 3 Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang. 2) Hasil dari ahli materi 1 mendapatkan presentase sebesar 90, 38% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian hasil ahli materi 2 mendapatkan presentase sebesar 87,5% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian ahli media 1 mendapatkan presentase sebesar 82,5% dengan kategori sangat Layak. Penilaian ahli media 2 mendapatkan presentase sebesar 90 % dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji kelompok kecil mendapatkan persentase 86,2%, dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil rata-rata uji lapangan operasional mendapatkan persentase 88,1% dengan kategori “ Sangat Layak”. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Diorama Rumah Adat Joglo Berbasis Etnomatematika telah memenuhi standar validitas dan layak diterapkan dalam pembelajaran materi geometri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010102 Algebraic and Differential Geometry (Geometri Aljabar dan Diferensial) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ATHA ANIA INSYRA FATMA |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:14 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15291 |
Actions (login required)
View Item |