Pengembangan Media Lemkaja (Lemari Aksara Jawa) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa Kelas IV SDN Ngronggo 5

Putri, Della Amalia (2024) Pengembangan Media Lemkaja (Lemari Aksara Jawa) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa Kelas IV SDN Ngronggo 5. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932605220_prabab.pdf

Download (848kB)
[img] Text
932605220_bab1.pdf

Download (478kB)
[img] Text
932605220_bab2.pdf

Download (454kB)
[img] Text
932605220_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
932605220_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932605220_bab5.pdf

Download (473kB)
[img] Text
932605220_daftarpustaka.pdf

Download (355kB)
[img] Text
932605220_lembarpernyataanpublikasi.pdf

Download (181kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa jawa digunakan untuk mengajarkan nilai-nilai budaya, menuntun siswa untuk berkembang dilingkungannya, dan membangun karakter bangsa. Pada pembelajaran bahasa jawa terdapat materi aksara jawa yang menjadi permasalahan yaitu kurangnya pemanfaatan media pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya minat belajar peserta didik oleh karena itu, peneliti mengembangkan media LEMKAJA (Lemari Aksara Jawa) yang nyata dan konkret sesuai dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui prosedur pengembangan media LEMKAJA (Lemari Aksara Jawa), 2) Mengetahui kelayakan media LEMKAJA (Lemari Aksara Jawa) 3) Mengetahui keektifan media LEMKAJA (Lemari Aksara Jawa). Jenis penelitian ini menggunakan Reseach and Development (R&D), dengan model yang digunakan yaitu ADDIE yang diadaptasi 5 langkah yaitu: (1) Tahap Analisis, (2) Tahap Desain, (3) Tahap Pengembangan, (4) Tahap Implementasi, (5), Tahap Evaluasi. Untuk pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, angket, dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media LEMKAJA (Lemari Aksara Jawa) menggunakan model ADDIE dengan menggunakan 5 tahapan, (2) Kelayakan media dari data ahli media menperoleh skor 100% dan 96% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 42% dengan kategori “Sangat Layak”. (3) Keefektifan dari media LEMKAJA (Lemari Aksara Jawa) dari hasil data analisis pada kelompok kecil baik sebelum dan sesudah menggunakan media meningkat sebesar 17 %. Hasil data analisis kelompok besar pada uji t memperoleh hasil sebesar – 13.859 dan jika dilihat dari taraf signifikansi 0,025 karena pada dua arah nilai df 19 memiliki yang terletak disebelah kiri sehingga nilai adalah - 2.09302 yang memiliki arti bahwa – 9.598 < nilai = - 2.09302, jadi keputusan ditolak dan terima .maka ditolak, yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media LEMKAJA (Lemari Aksara Jawa), dan memperoleh hasil dari uji N-Gain sebesar 0,4982 dengan kategori “Sedang”, yang artinya bahwa media LEMKAJA (Lemari Aksara Jawa) cukup efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IV SDN Ngronggo 5.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DELLA AMALIA PUTRI
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:25
Last Modified: 02 Oct 2024 04:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15246

Actions (login required)

View Item View Item