Putri, Adinda Amelia (2024) Strategi Layanan Purna Jual (After Sales Service) Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Dealer Mobil Wuling Perdana Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934130219_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
934130219_bab1.pdf Download (257kB) |
|
Text
934130219_bab2.pdf Download (132kB) |
|
Text
934130219_bab3.pdf Download (52kB) |
|
Text
934130219_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
Text
934130219_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Text
934130219_bab6.pdf Download (39kB) |
|
Text
934130219_daftarpustaka.pdf Download (81kB) |
|
Text
934130219_suratpernyataan.pdf Download (116kB) |
Abstract
Adinda Amelia Putri, Dosen Pembimbing Rofik Efendi, S.Kom., M.M., dan Dr. Muhamad Wildan Fawa’id, M.E.I., : Strategi Layanan Purna Jual (After Sales Service) Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Dealer Mobil Wuling Perdana Kediri), Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri 2023. Kata kunci : Strategi, Layanan Purna Jual, Volume Penjualan. Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan mobilitas semakin meningkat. Pada akhir tahun 2022 sekitar 17,2 juta mobil penumpang ada di Indonesia. Kini industri otomotif memiliki persaingan yang sangat ketat, hal ini membuat perusahaan otomotif yang bersaing memberikan layanan berkualitas tinggi kepada konsumennya agar tidak beralih pada perusahaan otomotif lainnya. Salah satu yang mempengaruhi pembelian adalah layanan purna jual yang ditawarkan. Layanan purna jual (after sales service) dapat diartikan sebagai pelayanan yang diberikan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap produk yang telah dijual. Penelitian ini terfokus pada strategi layanan purna jual (after sales service). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi layanan purna jual (after sales service) dalam meningkatkan volume penjualan mobil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang dipakai adalah field research. Data yang dipakai adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah–langkah dalam proses menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Serta untuk tahap penelitian yaitu tahap pra lapangan, tahap observasi, tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini adalah peranan layanan purna jual ini dapat membantu Wuling dalam melakukan penjualan serta meningkatkan volume penjualan. Layanan purna jual dilakukan setelah berlangsungnya proses jual beli suatu produk. Layanan purna jual membuat pelanggan merasa percaya bahwa produk yang mereka beli memiliki kualitas baik, mereka tidak lagi mengkhawatirkan bagaimana jika barang yang mereka beli rusak dan dimana tempat untuk mengklaim garansi sebab semua itu dapat dilakukan di jaringan after sales. Layanan purna jual Wuling dibagi menjadi 4 indikator yaitu; garansi, suku cadang, pemeliharaan dan perawatan, serta fasilitas dan peralatan. Semua indikator tersebut diterapkan dengan baik di Wuling. Adanya strategi purna jual yang sudah di terapkan Wuling seperti adanya garansi, suku cadang yang lengkap, service yang baik, serta fasilitas dan peralatan yang canggih ini mempunyai dampak positif bagi Wuling dapat mengurangi kekhawatiran pelanggan mengenai kualitas kendaraan. Ini dapat meningkatkan kepercayaan mereka untuk melakukan pembelian. Layanan purna jual membuat pelanggan puas dan merekomendasikan produk dan layanan kepada orang lain, sehingga dapat menghasilkan penjualan produk. Selain itu layanan purna jual yang konsisten dan berkualitas membantu membangun loyalitas pelanggan. Secara keseluruhan, strategi layanan purna jual memiliki peran terhadap peningkatan volume penjualan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Adinda Amelia Putri |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 07:40 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 07:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15240 |
Actions (login required)
View Item |