Pengembangan media pembelajaran kalender sejarah untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa kelas 5B pada mapel IPS di MI Roudlotut Tolabah Kabupaten Kediri

Hikmah, Dewi Malaul (2024) Pengembangan media pembelajaran kalender sejarah untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa kelas 5B pada mapel IPS di MI Roudlotut Tolabah Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206007_prabab.pdf

Download (691kB)
[img] Text
20206007_bab1.pdf

Download (282kB)
[img] Text
20206007_bab2.pdf

Download (139kB)
[img] Text
20206007_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
20206007_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20206007_bab5.pdf

Download (16kB)
[img] Text
20206007_daftarpustaka.pdf

Download (148kB)
[img] Text
20206007_suratpernyataan.pdf

Download (326kB)

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar seringkali diajarkan secara konvensional, dengan metode yang kurang menarik sehingga siswa mudah bosan dan terlihat tidak aktif. Hal itu juga terjadi di kelas 5B MI Roudlotut Tholabah saat pembelajaran IPS. Disana pembelajaran IPS masih berpusat pada guru dan menggunakan buku pendamping pembelajaran yang tampilannya berupa teks panjang sehingga menjadikan siswa sukar untuk memahami inti dari materi IPS, terutama pada pembahasan sejarah. Hal ini mengakibatkan keterlibatan dan pemahaman siswa menjadi kurang. Untuk mengatasi kondisi tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa kalender sejarah sebagai upaya peningkatan efektivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran kalender sejarah; 2) menganalisis kelayakan media tersebut; 3) menilai peningkatan efektivitas belajar siswa kelas 5B pada mapel IPS melalui penggunaan media kalender sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian dan pengembangan atau yang biasa disebut RnD (Research and Development) dengan mengiplementasikan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analisis melibatkan identifikasi kurikulum, kebutuhan dan karakteristik siswa kelas 5. Tahap desain memuat kegiatan merancang media pembelajaran yang menarik dan sesuai kebutuhan. Pada tahap pengembangan, media mulai dibuat dan setelahnya diuji validasi pada validator ahli yang sudah ditentukan. Selanjutnya tahap implementasi dilakukan dengan menerapkan media pembelajaran yang dikembangkan di kelas 5B dan dilanjutkan pada tahap evaluasi yang memuat penilaian efektivitas produk media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa: 1) prosedur pengembangan dalam penelitian ini sudah dilakukan secara runtut mulai dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi; 2) kelayakan penggunaan media kalender sejarah dapat dikatakan sangat valid dan layak digunakan dari hasil penilaian validator para ahli, yaitu validator ahli materi dosen dan guru mendapat nilai (95% dan 90%), ahli soal pre-test dan post-test (100%), ahli desain media (85%), ahli pembelajaran (87,5%) dan dari penilaian pengguna menghasilkan nilai rata-rata 84 %; 3) media kalender sejarah dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa yang dibuktikan adanya peningkatan dari hasil rata-rata soal pre-test 66,76 menjadi rata-rata nilai post-test sebesar 85,38. Nilai rata-rata pre-test dan post-test siswa juga diakuratkan melalui uji normalitas, uji T dan n-gain yang masing-masing pengujian data tersebut menunjukkan hasil yang berdistribusi normal dengan angka signifikasi lebih dari 0,05 yakni 0,179 untuk pre-test dan 0,131 untuk post-test, memiliki signifikasi perbedaan dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel (35,387>2,048) dan memiliki peningkatan yang signifikan pada hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkannya media kalender sejarah sebesar 56,23%. Selain itu, peningkatan efektiftas belajar siswa kelas 5B juga dilihat dari hasil penilaian oleh ahli pembelajaran dan peneliti yang memuat indikator efektivitas belajar dengan total skor masing-masing sebesar 84,37 % dan 81,25 %. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Efektivitas Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DEWI MALAUL HIKMAH
Date Deposited: 07 Oct 2024 01:20
Last Modified: 07 Oct 2024 01:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15238

Actions (login required)

View Item View Item