Penerapan Metode Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 Di MAN 1 Kediri

Septiana, Lilis Khumaida (2018) Penerapan Metode Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 Di MAN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113614_PRABAB.pdf

Download (617kB)
[img] Text
932113614_BAB 1.pdf

Download (98kB)
[img] Text
932113614_BAB 2.pdf

Download (282kB)
[img] Text
932113614_BAB 3.pdf

Download (104kB)
[img] Text
932113614_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
932113614_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
932113614_BAB 6.pdf

Download (78kB)
[img] Text
932113614_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
932113614_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran dikelas erat kaitannya dengan metode pembelajaran yang digunakan guru. MAN 1 Kediri merupakan salah satu sekolah dengan metode belajar yang terbilang baru bagi dunia pendidikan. Salah satunya, adalah penggunaan metode Project Based Learning pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana pelaksanaan metode Project Based Learning pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Kediri; 2) Bagaimana respon siswa dalam penerapan metode Project Based Learning mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Kediri; 3) Apa saja hambatan pelaksanaan metode Project Based Learning mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Penelitian dilakukan di MAN 1 Kediri. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Guru Qur’an Hadits, Guru Kesenian, Guru Fisika, Siswa, Waka Kurikulum, serta Kepala Sekolah. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Dalam pelaksanaan penggunaan metode Project Based Learning mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Kediri terlaksana melalui tiga tahapan : a) tahap perencanaan berupa RPP; b) pelaksanaan disertai dengan rangkuman siswa serta analisis siswa terhadap tafsiran ayat; dan c) evaluasi dilakukan oleh siswa dengan penilaian teman sejawat serta guru dengan penilaian keseharian. 2) Respon yang diberikan peserta didik ada dua, yaitu: a) menerima. Karena, pembelajaran yang menyenangkan dan suasana kelas tidak tegang; b) menolak. Karena, pembelajaran mengharuskan siswa mengerjakan sesuai jadwal yang ditentukan 3) Hambatan internal yaitu dari proses pengetikan serta tidak terdapat hambatan eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:54
Last Modified: 15 Oct 2020 02:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item View Item