Quartet Card: Media Pembelajaran Kenampakan Alam Jawa Timur Berbasis Qr Code Untuk Peserta Didik Kelas Iv MI Ma'arif NU Insan Cedekia Betet

Rohmawati, Dwi Nur (2024) Quartet Card: Media Pembelajaran Kenampakan Alam Jawa Timur Berbasis Qr Code Untuk Peserta Didik Kelas Iv MI Ma'arif NU Insan Cedekia Betet. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206080_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206080_bab1.pdf

Download (572kB)
[img] Text
20206080_bab2.pdf

Download (825kB)
[img] Text
20206080_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text
20206080_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20206080_bab5.pdf

Download (594kB)
[img] Text
20206080_daftarpustaka.pdf

Download (520kB)
[img] Text
20206080_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
932608020_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN.pdf

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang oleh permasalahan pembelajaran pada peserta didik kelas IV di MI Ma’arif NU Insan Cendekia Betet yaitu kesulitan siswa dalam mengenal dan menghafal nama kenampakan alam beserta gambarnya pada materi kenampakan alam pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan latar belakang permasalahan maka upaya yang dilakukan yaitu mengembangkan media pembelajaran Quartet Card QR Code materi kenampakan alam Jawa Timur. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) untuk mengetahui Pengembangan Quartet Card: Media Pembelajaran Kenampakan Alam Jawa Timur Berbasis QR Code Untuk Peserta didik Kelas IV MI Ma’arif NU Insan Cendekia Betet. 2) untuk mengetahui Kelayakan Quartet Card: Media Pembelajaran Kenampakan Alam Jawa Timur Berbasis QR Code Untuk Peserta didik Kelas IV MI Ma’arif NU Insan Cendekia Betet. 3) untuk mengetahui Keefektifan Quartet Card: Media Pembelajaran Kenampakan Alam Jawa Timur Berbasis QR Code Untuk Peserta didik Kelas IV MI Ma’arif NU Insan Cendekia Betet. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif NU Insan Cendekia Betet Kediri, dengan peserta didik kelas IV yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 25 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi ahli media, ahli materi, soal pretest posttest dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis angket validasi para ahli, angket respon peserta didik, uji Normalitas, uji Wilcoxon dan uji N-Gain.Hasil pengembangan Quartet Card QR Code sebagai media pembelajaran menunjukan bahwa, 1) Quartet Card QR Code sesuai dengan materi pembelajaran kelas IV kenampakan alam. Media Quartet Card QR Code dibuat menggunakan bahan dari PVC ID Card dan terdiri dari 36 kartu. 2) kelayakan produk dapat dilihat dari hasil skor validasi oleh ahli media sebesar 83% yang termasuk dalam kriteria sangat layak, ahli materi sebesar 84% yang termasuk dalam kriteria sangat layak, ahli soal pretest posttest 94% yang termasuk dalam kriteria sangat layak dan angket respon peserta didik yang memperoleh hasil skor diatas 80% sehingga termasuk dalam kriteria layak. 3) kefektifan media Quartet Card QR Code dapat dilihat berdasarkan hasil pretest posttest yang diuji menggunakan uji Wilcoxon dan uji N-Gain. Pada uji Wilcoxon memeproleh hasil Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai <0.000 sehingga hasil nilai hipotesis diterima karena nilai tersebut <0.05 sehingga terdapat pengaruh sebelum dan sesudah penggunaan media Quartet Card QR Code materi kenampakan alam Jawa Timur. Pada uji N-Gain memperoleh hasil nilai skor rata-rata sebesar 0.5947 sehingga klasifikasi nilai N-Gain sedang, Sedangkan pada tabel N-Gain presentase mendapatkan nilai skor rata-rata sebesar 59%, hal ini dapat disesuaikan dengan tabel kategori tafsiran efektifitas gain menurut Hake, R,R bahwa media Quartet Crad QR Code dapat dinyatakan “cukup efektif” karena nilai presentase berada pada rentang 56%-75%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DWI NUR ROHMAWATI
Date Deposited: 18 Oct 2024 03:05
Last Modified: 18 Oct 2024 03:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15168

Actions (login required)

View Item View Item