Analisis kemampuan berpikir reflektif siswa ditinjau dari perbedaan gender pada sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka

Utami, Vina Pramudya (2024) Analisis kemampuan berpikir reflektif siswa ditinjau dari perbedaan gender pada sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932302919_BAB1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
932302919_BAB2.pdf

Download (233kB)
[img] Text
932302919_BAB3.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932302919_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
932302919_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text
932302919_BAB6.pdf

Download (28kB)
[img] Text
932302919_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
932302919_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
932302919_prabab.pdf

Download (819kB)

Abstract

ABSTRAK VINA PRAMUDYA UTAMI, Dosen Pembimbing Eka Sulistyawati, M.Pd, dan Dwi Sinta Rahayu, M.Pd, Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender pada Sekolah yang Menerapkan Kurikulum Merdeka. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2024. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Berpikir Reflektif, Gender Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum merdeka diperlukan proses berpikir siswa, salah satunya adalah berpikir reflektif. Kemampuan-kemampuan dalam pembelajaran matematika itu dipengaruhi oleh perbedaan gender seperti kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir reflektif antara siswa perempuan dan laki-laki dalam pembelajaran matematika di sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Kediri yang menerapkan kurikulum merdeka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 357 yang terdiri dari 135 siswa laki-laki dan 222 siswa perempuan. Untuk memilih sampel penelitian digunakan teknik stratified random sampling dan menggunakan formula Yamane Isaac sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 101 siswa laki-laki dan 143 siswa perempuan. Analisis data yang dilakukan terdiri dari analisis deskriptif dan inferensial yakni uji T independent sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses berpikir reflektif siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki (2) berdasarkan indikator kemampuan berpikir reflektif siswa laki-laki pada indikator reacting memperoleh kategori nilai sangat baik, pada indikator elaboration memperoleh kategori nilai baik dan pada indikator contemplanting tidak baik (3) berdasarkan indikator kemampuan berpikir reflektif siswa perempuan pada indikator reacting memperoleh kategori nilai sangat baik, pada indikator elaboration memperoleh kategori nilai baik dan pada indikator contemplanting cukup baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk peneliti selanjutnya dalam meneliti kemampuan berpikir reflektif siswa di jenjang, dan materi lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: VINA PRAMUDYA UTAMI
Date Deposited: 13 Nov 2024 07:26
Last Modified: 13 Nov 2024 07:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15160

Actions (login required)

View Item View Item