Efektivitas Model Pembelajaran Needham Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Statistika Di MTs Al-Amien Kota Kediri

Rahmawati, Tri Agustina (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Needham Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Statistika Di MTs Al-Amien Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932301319_prabab.pdf

Download (591kB)
[img] Text
932301319_bab1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
932301319_bab2.pdf

Download (265kB)
[img] Text
932301319_bab3.pdf

Download (321kB)
[img] Text
932301319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
932301319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
932301319_bab6.pdf

Download (29kB)
[img] Text
932301319_daftarpustaka.pdf

Download (110kB)
[img] Text
932301319_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text
Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Needham terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi statistika di MTs Al-Amien Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan sampel sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes (pretest dan posttest) berbentuk soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen telah divalidasi oleh 3 orang ahli dan telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran serta daya beda. Berdasarkan hasil tes kemudian dilakukan uji parametrik yaitu uji paired sample t-test dan diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 dimana 0,000 < 0,05. Artinya ada perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah pembelajaran Needham, diamati dari rata-rata nilai posttest yang lebih besar daripada nilai pretest sehingga terdapat pengaruh model pembelejaran Needham terhadap kemampuan pemahaman konsep. Selanjutnya untuk mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran yang digunakan, maka dilakukan uji gain dan diperoleh nilai n-gain sebesar 0,68 yang artinya terdapat peningkatan dari pretest ke posttest sebesar 68,93% dengan sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Needham cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Tri Agustina Rahmawati
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:26
Last Modified: 26 Nov 2024 07:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15138

Actions (login required)

View Item View Item