Wasitoh, Siti (2024) Pemanfaatan Layanan Digital Banking Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi Pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934202519_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
934202519_bab1.pdf Download (997kB) |
|
Text
934202519_bab2.pdf Download (143kB) |
|
Text
934202519_bab3.pdf Download (28kB) |
|
Text
934202519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
|
Text
934202519_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
Text
934202519_bab6.pdf Download (14kB) |
|
Text
934202519_daftarpustaka.pdf Download (122kB) |
|
Text
934202519_sp.pdf Download (4MB) |
Abstract
Indonesia, sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, memiliki peluang besar dalam pengembangan perbankan syariah yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Dengan kemajuan teknologi, bank syariah di Indonesia juga mulai memanfaatkan layanan digital banking untuk mempermudah transaksi nasabah. Bank Jatim Syariah Kediri, salah satu bank syariah yang berkembang pesat, menawarkan berbagai layanan digital yang inovatif untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabahnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan layanan digital banking pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri dan peran layanan digital bankingnya dalam meningkatkan keunggulan bersaing bank tersebut. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan staf dari bagian IT serta nasabah Bank Jatim Cabang Syariah Kediri. Validitas data dipastikan melalui partisipasi langsung peneliti, penentuan titik fokus dalam observasi, dan triangulasi. Data yang terhimpun dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni (1) Pemanfaatan JConnect Mobile oleh Bank Jatim Cabang Syariah Kediri menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah pengguna dari 1.729 pada tahun 2022 menjadi 2.052 pada tahun 2023. Aplikasi ini memberikan kemudahan akses untuk berbagai transaksi perbankan seperti transfer dana, pembelian pulsa, pembayaran tagihan, serta pembelian tiket pesawat atau kereta api. Proses pendaftaran yang sederhana melalui aplikasi di Google Play Store atau Apple App Store juga mendukung kepopuleran layanan ini. Keamanan yang canggih dan fitur lengkap JConnect Mobile menjadikannya pilihan utama bagi nasabah yang mencari kemudahan dalam aktivitas perbankan sehari-hari. (2) Pemanfaatan JConnect Mobile oleh Bank Jatim Cabang Syariah Kediri bertujuan untuk meningkatkan keunggulan bersaing melalui biaya yang terjangkau, inovasi layanan digital, dan fokus pada segmen pasar yang menginginkan akses yang mudah. Keunggulan biaya JConnect Mobile, seperti biaya pembukaan rekening tabungan hanya Rp. 20.000 dan tarik tunai di ATM bank lain Rp. 7.500, terbukti efektif menarik minat nasabah. Bank Jatim Cabang Syariah Kediri juga melakukan diferensiasi dengan menawarkan fitur baru seperti pembayaran pajak dan reward untuk nasabah aktif melalui aplikasi ini. Dengan strategi ini, bank berharap untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan kualitas layanan perbankan syariah secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150206 Financial Technology (incl. Fintech Syariah) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Wasitoh |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:59 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15081 |
Actions (login required)
View Item |