Implementasi Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Manajemen Kurikulum Merdeka Di MTs Roudlotut Tholabah Kolak Ngadiluwih Kediri

Ariyanti, Anggie (2024) Implementasi Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Manajemen Kurikulum Merdeka Di MTs Roudlotut Tholabah Kolak Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text
20205084_bab1.pdf

Download (343kB)
[img] Text
20205084_bab2.pdf

Download (490kB)
[img] Text
20205084_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
20205084_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
20205084_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
20205084_bab6.pdf

Download (187kB)
[img] Text
20205084_daftarpustaka.pdf

Download (309kB)
[img] Text
20205084_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20205084_lembarpersetujuanpublikasi.pdf

Download (171kB)

Abstract

Proyek penguatan profil pelajar pancasila merupakan program yang termasuk dalam kurikulum merdeka. Untuk menerapkan kegiatan program tersebut dibutuhkan manajemen kurikulum merdeka yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi dalam implementasi kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam manajemen kurikulum merdeka.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian etnografi yang dilakukan dengan cara memperoleh data dan informasi secara langsung dari responden.Penelitian ini menggunakan sumber data primer diperoleh dari kepala sekolah, waka, dan guru. Data yang didapatkan adalah hasil dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) perencanaan kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di MTs Roudlotut Tholabah Kolak Ngadiluwih memiliki beberapa tahapan yakni membentuk tim fasilitator, mengidentifikasikan tingkat kesiapan satuan pendidikan, menentukan tema dan alokasi waktu, menyusun modul proyek. 2) pengorganisasian kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila di MTs Roudlotut Tholabah Kolak Ngadiluwih berdasarkan hasil temuan yaitu menentukan tim fasilitator dan memberikan tugas tim fasilitator sesuai dengan uraian struktur. 3) pelaksanaan kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila di MTs Roudlotut Tholabah Kolak Ngadiluwih dalam hasil temuan sintaks yang dilakukan ialah mempersiapkan sumber pembelajaran, bentuk kelompok, pengenalan proyek, melaksanakan proyek, dan refleksi. 4) evaluasi kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila di MTs Roudlotut Tholabah Kolak Ngadiluwih yang terjadi adalah melalukan tahapan evaluasi yang dilakukan yaitu evaluasi pembelajaran mengguakan evaluasi laporan dengan membuat makalah serta evaluasi kegiatan dengan melakukan kolaborasi dengan pihak luar yaitu dengan orang tua untuk mengoptimalkan potensi kegiatan setelah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ANGGIE ARIYANTI
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:10
Last Modified: 26 Sep 2024 01:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15070

Available Versions of this Item

  • Implementasi Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Manajemen Kurikulum Merdeka Di MTs Roudlotut Tholabah Kolak Ngadiluwih Kediri. (deposited 26 Sep 2024 01:10) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item