Nabilah, Alvi (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih Berbasis Augmented Reality Pada Materi Ketentuan Haji dan Umrah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di MTs Miftahul Ulum Solokuro Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201028_prabab.pdf Download (556kB) |
|
Text
20201028_bab1.pdf Download (493kB) |
|
Text
20201028_bab2.pdf Download (691kB) |
|
Text
20201028_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) |
|
Text
20201028_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20201028_bab5.pdf Download (345kB) |
|
Text
20201028_daftarpustaka.pdf Download (455kB) |
|
Text
20201028_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Revolusi industri yang perlahan berdampak pada dunia pendidikan menjadikan para pelaku pendidikan dimudahkan dalam mengakses sumber dan pengetahuan yang aktual termasuk pada ranah Pendidikan Agama Islam. Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT seperti Augmented Reality kini sudah banyak dikembangkan dan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Media pembelajaran berbasis ICT menjadi salah satu penunjang proses pembelajaran salah satunya pada mata pelajaran Fiqih materi haji dan umrah, namun para guru yang masih menggunakan metode ceramah menjadikan pembelajaran terkesan monoton dan peserta didik menjadi pasif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis AR pada materi ketentuan haji dan umrah, 2) Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis AR pada materi ketentuan haji dan umrah, 3) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dari pengembangan media pembelajaran berbasis AR pada materi ketentuan haji dan umrah. Model pengembangan yang digunakan ialah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) dengan subjek uji coba peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Ulum Solokuro Lamongan. Uji validasi atau kelayakan media terdiri dari ahli materi dan ahli media, sedangkan untuk uji keefektifan media diambil dari angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Kemudian hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai pretest dan posttest. Kesimpulan dari penelitian ini ialah 1) Dari uji validitas ahli materi, media pembelajaran memperoleh presentase nilai 90% dengan kategori sangat layak atau sangat valid, sedangkan dari ahli media perolehan nilai mencapai nilai 95% dengan kategori sangat layak atau sangat valid. 2) Dari uji keefektifan media pembelajaran memperoleh nilai sebesar 94% dari uji coba kelompok kecil, sedangkan dari uji coba kelompok besar media mendapatkan nilai sebesar 93%, keduanya dikategorikan sangat efektif. 3) Setelah diterapkan media pembelajaran, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dan mencapai KKM
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alvi Nabilah |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 01:27 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 01:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14968 |
Actions (login required)
View Item |