Analisis Kesiapan Guru Rumpun Mata Pelajaran PAI Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di MTs Negeri 5 Kediri

AZIZAH, SITI NUR (2024) Analisis Kesiapan Guru Rumpun Mata Pelajaran PAI Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di MTs Negeri 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201070_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20201070_bab1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
20201070_bab2.pdf

Download (255kB)
[img] Text
20201070_bab3.pdf

Download (163kB)
[img] Text
20201070_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
20201070_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
20201070_bab6.pdf

Download (58kB)
[img] Text
20201070_daftarpustaka.pdf

Download (79kB)
[img] Text
20201070_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20201070_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (228kB)

Abstract

AZIZAH, SITI NUR. Dosen Pembimbing Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I dan Intan Nuyulis Naeni Puspitasari, M.Pd.I. Analisis Kesiapan Guru Rumpun Mata Pelajaran PAI dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MTsN 5 Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2024. Kata kunci: Kesiapan, Implementasi, Kurikulum Merdeka Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan yakni mendidik, mengajar, membimbing, melatih, mengevaluasi dan mengawasi peserta didik. Selain itu, guru juga berperan penting sebagai pengembang kurikulum yakni menetapkan arah dan sasaran pelajaran yang disampaikan, serta strategi dalam mengembangkan, mengevaluasi dan menyusun kurikulum sesuai dengan karakteristik dan pengalaman belajar yang dibutuhkan peserta didik. Sehingga peran penting tersebut menjadikan guru harus memiliki kesiapan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan guru dari segi 1)kesiapan sikap dan emosi guru, 2) kesiapan kognitif guru dan 3) kesiapan perilaku guru sebagai indikator kesiapan guru rumpun mata pelajaran PAI dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di MTsN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian bentuk deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan simpulan. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas diantaranya, perpanjangan pengamatan dan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa guru rumpun mata pelajaran PAI di MTsN 5 Kediri memiliki kesiapan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yang dilihat dari 3 indikator kesiapan yakni: 1) kesiapan sikap dan emosi, guru memiliki minat dan motivasi sebagai bentuk tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, 2) kesiapan kognitif, guru telah memahami konsep kurikulum merdeka, perencanaan pembelajjaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka. 3) kesiapan perilaku, guru rumpun mata pelajaran PAI sudah mampu membuat perencanaan dan penilaian pembelajaran, namun dari pelaksanaan pembelajaran dan penggunaan alat bantu tekhnologi dalam pembelajaran guru rumpun mata pelajaran PAI masih memiliki kendala dan memerlukan pelatihan dan dorongan dari pihak madrasah agar dapat maksimal dalam menerapkan kurikulum merdeka yang ada di MTsN 5 Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SITI NUR AZIZAH
Date Deposited: 20 Sep 2024 06:46
Last Modified: 20 Sep 2024 06:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14951

Actions (login required)

View Item View Item