IMPLEMENTASI ASESMEN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 KANDAT

OKTAVIA, LAILA EKA (2024) IMPLEMENTASI ASESMEN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 KANDAT. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
20201160_prabab.pdf

Download (934kB)
[img] Text
20201160_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (213kB)
[img] Text
20201160_bab1.pdf

Download (288kB)
[img] Text
20201160_bab2.pdf

Download (317kB)
[img] Text
20201160_bab3.pdf

Download (260kB)
[img] Text
20201160_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20201160_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
20201160_bab6.pdf

Download (239kB)
[img] Text
20201160_daftarpustaka.pdf

Download (249kB)
[img] Text
20201160_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Oktavia, Laila Eka, 2024. Implementasi Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Kandat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Dosen Pembimbing (1) Dr. Hj. Ninik Zuroidah, M.Si. serta (2) Nurul Dwi Lestari, M.Pd. Kata Kunci: Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka Asesmen merupakan penilaian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana perkembangan belajar dari peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi yaitu pembelajaran yang mengarah pada bakat serta gaya belajar dari peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada guru kelas X SMA Ngeri 1 Kandat, penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perencanaan asesmen pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Kandat, 2) mengetahui pelaksanaan asesmen pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Kandat, 3) mengetahui evaluasi asesmen pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Kandat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian, serta kesimpulan. Lokasi penelitian terletak di SMA Negeri 1 Kandat yaitu di Jl. Raya Pule No. 71, Ds. Pule, Kec. Kandat, Kab. Kediri. Hasil penelitian skripsi ini menghasilkan informasi bahwa: pertama perencanaan asesmen malalui beberapa tahap, yaitu: menyiapkan perangkat ajar, modul ajar, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, dan asesmen, dengan dibantu oleh perangkat kurikulum serta diadakannya BIMTEK di PMM (Platform Merdeka Mengajar) dan Jum’at Belajar untuk pendidik SMAN 1 Kandat. Kedua, pelaksanaan asesmen yaitu asesmen Kurikulum Merdeka dilaksanakan berdiferensiasi tergantung materi yang diajarkan. Pendidik menggunakan tiga jenis asesmen diantaranya: asesmen diagnostik kognitif, dilakukan di awal untuk mengidentifikasi keterampilan awal siswa, asesmen diagnostik non kognitif dilakukan untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa, pada asesmen ini pendidik menggunakan jenis tes check list atau kusioner. Selanjutnya asesmen formatif dilaksanakan ketika kegiatan pembelajaran dengan memberikan tes, jenis tes tersebut berupa tes lisan, tes tulis, atau praktik. Kemudian asesmen sumatif dilakukan di akhir bab yang disebut PH (Penilaian Harian), dengan memberikan tugas yang bervariasi seperti video, power point, ataupun gambar, pendidik menggunakan PAT (Penilaian Akhir Tahun). Ketiga, evaluasi dilakukan oleh pendidik yaitu melakukan tes tulis, tes lisan, praktik, serta penilaian kinerja supaya tidak jenuh. Di dalam evaluasi apabila terdapat peserta didik belum mencapai target, maka pendidik akan memberikan tugas tambahan serta materi tambahan. Kemudian evaluasi digunakan pendidik sebagai bahan evaluasi untuk merefeleksi pendidik melalui hasil asesmen yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laila Eka Oktavia
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:42
Last Modified: 25 Sep 2024 03:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14936

Actions (login required)

View Item View Item