Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Sekolah Melalui Hubungan Masyarakat (Studi Kepemimpinan Kepala Madrasah Di MTs PSM Pace) Kabupaten Nganjuk Propinsi Jawa Timur

Khoiriyah, Fina Lailatul (2017) Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Sekolah Melalui Hubungan Masyarakat (Studi Kepemimpinan Kepala Madrasah Di MTs PSM Pace) Kabupaten Nganjuk Propinsi Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
i. cover_v. pra.pdf

Download (1MB)
[img] Text
vi. bab 1.pdf

Download (111kB)
[img] Text
vii. bab 2.pdf

Download (298kB)
[img] Text
viii. bab 3.pdf

Download (372kB)
[img] Text
ix. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
x. bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
xi. bab 6.pdf

Download (92kB)
[img] Text
xii. pustaka.pdf

Download (95kB)
[img] Text
xiii. drh_xv. SK unggah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu peran yang paling penting di sekolah yaitu kepala madrasah, karena Kepala madrasah mempunyai peran penting dalam meningkatkan pendidikan. Kepala madrasah juga harus menjalin komunikasi yang baik dengan masyarkat, sehingga partisipasi masyarakat akan membantu dalam penyelenggaraan pendidikan. Berangkat dari latar belakang tersebut, peneliti mengambil fokus masalah sebagai berikut: (1) Apa saja teknik-teknik kepala madrasah dalam meningkatkan partisipasi dan hubungan masyarakat di MTs PSM Pace (2) Apa saja bentuk-bentuk partisipasi masyarakat terhadap madrasah di MTs PSM Pace (3) Apa pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan partisipasi hubungan masyarakat di MTs PSM Pace. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif prosedur penelitian yang menghasilkan dat deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif, yaitu memberikan gambaran terhadap hal yang diteliti, yang kemudian akan menghasilkan sebuah kesimpulan umum. Hasil penelitian yang dapat penulis identifikasi adalah pertama dalam teknik yang dilakukan oleh kepala madrasah di MTs PSM Pace dalam meningkatkan partisipasi dan hubungan masyarakat adalah meningkatkan kerja sama dengan instansi dan lembaga-lembaga untuk mendukung program madrasah, selain itu juga melakukan pendekatan-pendekatan terhadap masyarakat sekitar madrasah dengan menjaga komunikasi yang baik. Kedua bentuk-bentuk partisipasi yang dapat diberikan masyarakat di MTs PSM Pace yaitu berupa partisipasi bentuk uang, harta benda, tenaga, proses pengambilan keputusan, dan mendukunng program dan kegiatan yang diadakan oleh madrasah. Ketiga Faktor pendukung kepala madrasah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MTs PSM Pace adalah kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, kepercayaan yang diberikan kepada lembaga tersebut, komunikasi yang baik antara lembaga dan masyarakat, semangat dari semua pihak mulai dari kepala sekolah, guru, karyawan serta masyarakat untuk mewujudkan pendidikan, dan peran komite yang cukup maksimal. Sedangkan faktor penghambat yaitu masih ada sebagian masyarakat yang berpandangan bahwa pendidikan itu merupakan tanggung jawab madrasah saja, sehingga mereka belum sadar dengan keberadaan madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 08 Feb 2019 09:00
Last Modified: 08 Feb 2019 09:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item