Isthofiyah, Rofiatul (2024) Penerapan Sistem Delivery Order Guna Meningkatkan Kepuasan Konsumen Dalam Islam (Pada Swalayan Tulus Bhakti Pagu). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20401076_prabab.pdf Download (406kB) |
|
Text
20401076_bab1.pdf Download (283kB) |
|
Text
20401076_bab2.pdf Download (261kB) |
|
Text
20401076_bab3.pdf Download (45kB) |
|
Text
20401076_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
Text
20401076_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
Text
20401076_bab6.pdf Download (11kB) |
|
Text
20401076_daftarpustaka.pdf Download (145kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (127kB) |
Abstract
Rofiatul Isthofiyah, Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Syakur, Lc., M.EI dan Moch Zainuddin, M.EI., Analisis Penerapan Sistem Delivery Order (Layanan Pesan Antar) Guna Meningkatkan Kepuasan Konsumen dalam Islam (Pada Swalayan Tulus Bhakti). Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Kediri 2024 Kata Kunci : Delivery Order, Kepuasan Konsumen, Perspektif Islam Delivery Order merupakan layanan pesan antar yang dapat memudahkan konsumen dalam berbelanja. Di swalayan Tulus Bhakti ini telah menerapkan sistem delivery order secara online maupun offline demi kepuasan pelanggan yang dalam penerapannya sesuai dengan perspektif Islam. Delivery Order yang diterapkan swalayan Tulus Bhakti terda;pat kendala yang terjadi seperti halnya pengiriman tidak tepat waktu, kurangnya komunikasi antar konsumen dengan pihak swalayan, dll. Berdasarkan permasalahan diatas, maka tujuan dari penelitian ini ialah Untuk Mendeskripsikan Penerapan Sistem Delivery Order (Layanan Pesan Antar) Guna Meningkatkan Kepuasan Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam dengan fokus penelitian 1) Bagaimana penerapan sistem Delivery Order di Swalayan Tulus Bhakti 2) Bagaimana penerapan sistem Delivery Order di Swalayan Tulus Bhakti dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen 3) Bagaimana penerapan sistem Delivery Order di Swalayan Tulus Bhakti dalam Islam ? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam (indepth interview). Metode pengumpulan data melalui observasi interaktif, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer berupa hasil wawancara bersama konsumen dan pekerja di swalayan Tulus Bhakti. Teknik analisis data disini adalah redukasi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data uang diperoleh dengan ketekunan (pengamatan), dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan delivery order guna meningkatkan kepuasan konsumen di swalayan Tulus Bhakti Pagu berjalan dengan baik yaitu Kesesuaian harapan, Minat berkunjung kembali,dan Kesediaan merekomendasikan serta Penerapan delivery order dalam islam di swalayan Tulus Bhakti Pagu berjalan dengan baik. Dalam perspektif Islam, sistem delivery order harus diterapkan dengan memperhatikan beberapa prinsip, yaitu Kejujuran, Saling ridho, Larangan riba, Larangan gharar (ketidakpastian).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | ROFIATUL ISTHOFIYAH |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 07:32 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 07:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14895 |
Actions (login required)
View Item |