Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Budaya Lokal Kediri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Bangun Datar Kelas IV di SD NU Al-Haadi Kunjang Ngancar

Amalia, Fitri Annisa’ Rizka (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Budaya Lokal Kediri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Bangun Datar Kelas IV di SD NU Al-Haadi Kunjang Ngancar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206039_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206039_bab1.pdf

Download (239kB)
[img] Text
20206039_bab2.pdf

Download (363kB)
[img] Text
20206039_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
20206039_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
20206039_bab5.pdf

Download (156kB)
[img] Text
20206039_daftarpustaka.pdf

Download (152kB)
[img] Text
20206039_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
20206039_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (153kB)

Abstract

Amalia, Fitri Annisa’ Rizka. Dosen pembimbing Choirul Annisa, M.Pd dan Tutik Dinur Rofiah, S.Pd.I, M.Pd. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Budaya Lokal Kediri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Bangun Datar Kelas IV di SD NU Al-Haadi Kunjang Ngancar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. 2024. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Etnomatematika, Pemahaman Konsep, Bangun Datar. Dalam kegiatan belajar mengajar masih terdapat beberapa siswa yang menganggap matematika salah satu mata pelajaran yang sulit dan membosankan untuk dikuasai. Hal ini disebabkan kurangnya fasilitas sumber belajar yang variatif dan kegiatan belajar mengajar yang fokusnya kepada guru (teacher centered learning). Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan LKPD berbasis etnomatematika budaya lokal Kediri kelas IV di SD NU Al-Haadi Kunjang Ngancar; 2) untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis etnomatematika budaya lokal Kediri pada siswa kelas IV di SD NU Al-Haadi Kunjang Ngancar; dan 3) untuk mengetahui keefektifan LKPD berbasis etnomatematika budaya lokal Kediri terhadap pemahaman konsep bangun datar kelas IV di SD NU Al-Haadi Kunjang Ngancar. Pengembangan LKPD berbasis etnomatematika budaya lokal Kediri menggunakan jenis penelitian R&D (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang dimanfaatkan pada penelitian ini yaitu uji kelayakan, uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji N-Gain. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 2 ahli bahan ajar, 2 ahli materi, dan 36 siswa dari kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan produk pada penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE; 2) kelayakan produk dilihat dari hasil akhir validasi. Dari ahli materi diperoleh skor persentase tingkat kelayakan sebesar 96,67% oleh ahli materi 1 dan 83,33% oleh ahli materi 2, yang artinya pada tingkatan sangat layak dari penilaian oleh para ahli materi. Dari ahli bahan ajar diperoleh skor persentase tingkat kelayakan sebesar 98,75% oleh ahli bahan ajar 1 dan 87,5% oleh ahli bahan ajar 2, yang artinya pada tingkatan sangat layak dari penilaian oleh para ahli bahan ajar; 3) keefektifan produk dilihat dari hasil analisis nilai pre-test dan post-test dengan menggunakan uji N-Gain. Pada nilai pre-test dan post-test uji coba kelompok kecil hasil uji N-Gain Score sebesar 0,56 termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan pada nilai pre-test dan post-test uji coba kelompok besar hasil uji N-Gain Score sebesar 0,64 termasuk dalam kategori sedang. Maka dari itu LKPD berbasis etnomatematika budaya lokal Kediri dapat dikatakan cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FITRI ANNISA` RIZKA AMALIA
Date Deposited: 18 Sep 2024 06:19
Last Modified: 18 Sep 2024 06:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14882

Actions (login required)

View Item View Item