Ashfiya', Zahiro Aniqo (2024) Studi Komparasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932303120_prabab.pdf Download (764kB) |
|
Text
932303120_bab1.pdf Download (239kB) |
|
Text
932303120_bab2.pdf Download (288kB) |
|
Text
932303120_bab3.pdf Download (312kB) |
|
Text
932303120_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
|
Text
932303120_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
Text
932303120_bab6.pdf Download (123kB) |
|
Text
932303120_daftarpustaka.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMA tergolong rendah, salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu karena masih menggantungkan penjelasan dari guru sehingga siswa tidak bisa bernalar dengan baik. Kemandirian belajar meningkatkan rasa tanggung jawab dan motivasi belajar siswa. Ketika siswa merasa mandiri dalam belajar, mereka akan lebih termotivasi untuk mencari tahu dan memahami konsep matematika lebih dalam yang mendukung kemampuan penalaran matematis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMA, untuk mengetahui kemandirian belajar siswa kelas X SMA dan untuk mengetahui perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa kelas X SMA antara siswa yang yang memiliki Tingkat Kemandirian Belajar kategori rendah sedang dan tinggi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Kediri, dengan sampelnya sebagian siswa kelas X SMAN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode studi komparasi dengan pendekatan kuantitatif yang dihitung secara statstik menggunakan metode One way anova berbantuan software SPSS 26. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa angket kemandirian belajar dan tes kemampuan penalaran matematis. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMA menunjukkan kemampuan yang cukup baik; (2) Kemandirian belajar siswa kelas X SMA mayoritas unggul pada indikator mampu bekerja sendiri dan terindikasi masih kurang memenuhi indikator kedisiplinan; dan (3) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis signifikan ditinjau dari Tingkat kemandirian belajar rendah, sedang dan tinggi pada siswa kelas X SMA sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan memaksimalkan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics (Statistik Terapan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | ZAHIRO ANIQO ASHFIYA` |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 06:08 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 06:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14879 |
Actions (login required)
View Item |