Fadhilah, Adinda Nur (2024) Perbedaan Tingkat Literasi Numerasi Siswa Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta dalam Menyelesaikan Soal Hots Berkonteks Etnomatematika Aktivitas Petani Bawang Merah di Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932307120_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932307120_bab1.pdf Download (294kB) |
|
Text
932307120_bab2.pdf Download (454kB) |
|
Text
932307120_bab3.pdf Download (418kB) |
|
Text
932307120_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) |
|
Text
932307120_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
Text
932307120_bab6.pdf Download (247kB) |
|
Text
932307120_daftarpustaka.pdf Download (261kB) |
|
Text
932307120_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
ADINDA NUR FADHILAH, Dosen Pembimbing EKA SULISTYAWATI, M.Pd., dan Dr. Ninik Zuroidah, M.Si., Perbedaan Tingkat Literasi Numerasi Siswa Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berkonteks Etnomatematika Aktivitas Petani Bawang Merah di Kabupaten Nganjuk, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2024. Kata Kunci: Literasi Numerasi, Siswa Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta, Soal HOTS, Etnomatematika, Aktivitas Petani Bawang Merah di Kabupaten Nganjuk. Pada era abad 21 penguasaan enam literasi dasar termasuk literasi numerasi menjadi keharusan bagi masyarakat Indonesia. Namun, hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa tingkat literasi numerasi di Indonesia masih sangat rendah. Populasi siswa sekolah negeri yang masuk dalam survei PISA juga selalu lebih besar dibandingkan dengan sekolah swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan tingkat literasi numerasi antara siswa sekolah negeri dan swasta dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skills (HOTS) yang dikembangkan dengan konteks etnomatematika dari aktivitas petani bawang merah di Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survey. Populasi pada penelitian ini adalah sekolah negeri dan swasta Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Nganjuk dengan teknik pengambilan sampel Stratified random sampling berdasarkan strata tertentu yaitu sekolah negeri dan sekolah swasta. Ukuran sampling pada penelitian ini sejumlah 381 siswa yang terdiri dari 331 siswa sekolah negeri dan 56 siswa sekolah swasta. Instrumen penelitian untuk mengukur tingkat literasi numerasi adalah tes yang berisikan soal HOTS berkonteks etnomatematika pertanian bawang merah di Kabupaten Nganjuk yang disusun dengan tahap analisis dan validasi keterkaitan konteks pertanian bawang merah di Kabupaten Nganjuk dengan materi matematika dan keterkaitan konteks pertanian bawang merah di Kabupaten Nganjuk dengan Kompetensi Minimum kelas VIII. Uji coba instrumen dilakukan pada 6 siswa dengan 2 siswa dengan kategori tinggi, 2 siswa dengan kategori sedang, dan 2 siswa dengan kategori rendah pada pembelajaran matematika. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji non parametrik berupa uji mann whitney u. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan uji mann whitney u menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat literasi numerasi siswa sekolah negeri dan swasta dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skills (HOTS) berkonteks etnomatematika aktivitas petani bawang merah di Kabupaten Nganjuk. Hal ini terlihat melalui hasil uji mann whitney u, nilai Sig.(2- tailed)< 0,05[0,000 < 0,05] yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian dapat digunakan dengan terus mengembangkan penggunaan soal-soal HOTS yang sesuai dengan konteks lokal dan etnomatematika untuk meningkatkan literasi numerasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010202 Biological Mathematics (Matematika Biologi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | ADINDA NUR FADHILAH |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 06:06 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 06:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14878 |
Actions (login required)
View Item |