Strategi Pengembangan Bisnis Industri Konveksi Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Desa Tri Tunggal (Studi Konveksi Star Nine Desa Tritunggal Kecamatan Babat Lamongan)

Syarifudin, Ahmad (2024) Strategi Pengembangan Bisnis Industri Konveksi Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Desa Tri Tunggal (Studi Konveksi Star Nine Desa Tritunggal Kecamatan Babat Lamongan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931312918_prabab.pdf

Download (676kB)
[img] Text
931312918_bab1.pdf

Download (416kB)
[img] Text
931312918_bab2.pdf

Download (380kB)
[img] Text
931312918_bab3.pdf

Download (33kB)
[img] Text
931312918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
931312918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
931312918_bab6.pdf

Download (126kB)
[img] Text
931312918_daftarpustaka.pdf

Download (128kB)
[img] Text
931312918_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
931312918_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (190kB)

Abstract

AHMAD SYARIFUDIN, Dosen Pembimbing Bapak Yopi Yudha Utama, M.S.A dan Bapak Mundhori, ME. Strategi Pengembangan Bisnis Industri Konveksi dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Tri Tunggal (Studi Konveksi Star Nine Desa Tritunggal Kecamatan Babat Lamongan). Progam Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Kediri 2023. Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Bisnis, Pendapatan, Masyarakat, Konveksi Saat ini, industri konveksi mencerminkan peran vitalnya dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, terutama di era globalisasi ini. Pertumbuhan pesat industri ini menjadi peluang strategis untuk mengoptimalkan potensi ekonomi lokal dan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat melalui penerapan strategi pengembangan bisnis yang inovatif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisis strategi pengembangan bisnis yang diterapkan oleh Industri Konveksi Star Nine dan untuk menganalisis strategi pengembangan bisnis Konveksi Star Nine dalam konteks meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya di Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan pemilik usaha, karyawan, dan beberapa konveksi lain yang bekerja sama dengan Konveksi Star Nine. Analisis pengelolaan data melalui keikutsertaan peneliti, penetapan pengamatan dalam observasi, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Industri Konveksi Star Nine telah berhasil merancang strategi pengembangan bisnis yang komprehensif dengan fokus pada inovasi produk, diversifikasi, promosi, dan peningkatan kualitas SDM) Melalui investasi riset dan teknologi, Konveksi Star Nine menjaga kualitas produk dan memastikan daya saing di pasar konveksi yang kompetitif. Diversifikasi produk, responsif terhadap tren pasar, serta aktif dalam event dan media sosial menjadi strategi pemasaran efektif. Pendekatan peningkatan kualitas SDM dengan pelatihan menciptakan lingkungan kerja inovatif. Kombinasi strategi ini membantu Konveksi Star Nine membangun fondasi solid untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang dan mempertahankan posisi unggul di industri konveksi. (2) Industri konveksi ini memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan pendapatan masyarakat di Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Peningkatan jabatan dan pendapatan karyawan mencerminkan peran vital Konveksi Star Nine dalam memberikan peluang ekonomi kepada masyarakat setempat. Kerja sama dengan mitra usaha konveksi juga berhasil meningkatkan pendapatan mereka secara signifikan. Kontribusi positif ini mengindikasikan bahwa strategi pengembangan bisnis Konveksi Star Nine berhasil memberikan dampak ekonomi yang nyata bagi masyarakat Desa Tritunggal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: AHMAD SYARIFUDIN
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:53
Last Modified: 17 Sep 2024 07:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14874

Actions (login required)

View Item View Item