Husna, Ninik Ishmatul (2024) Penerapan Literasi Keagamaan Untuk Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di SMA Negeri 7 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932105820_prabab.pdf Download (557kB) |
|
Text
932105820_bab1.pdf Download (187kB) |
|
Text
932105820_bab2.pdf Download (206kB) |
|
Text
932105820_bab3.pdf Download (125kB) |
|
Text
932105820_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) |
|
Text
932105820_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
Text
932105820_bab6.pdf Download (35kB) |
|
Text
932105820_daftar_pustaka.pdf Download (108kB) |
Abstract
Degradasi moral telah menjadi suatu masalah yang serius dan tantangan besar bagi lembaga pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan adanya pencegahan berlanjut dengan menanamkan pendidikan karakter melalui kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat penerapan literasi keagamaan untuk membentuk karakter religius peserta didik di SMA Negeri 7 Kota Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian terletak di SMA Negeri 7 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menganalis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman dengan proses reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan literasi keagamaan dilakukan melalui perumusan program dan tujuan penerapan literasi keagamaan, penyusunan jadwal, dan penyediaan sarana prasarana yang mendukung. Sedangkan pelaksanaan literasi keagamaan dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. Bentuk evaluasi literasi keagamaan yang dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan buku catatan setiap akhir semester. Pengecekan buku catatan ini dilakukan oleh wali kelas atau pun guru PAI; (2) Faktor pendukung keberhasilan penerapan literasi keagamaan yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung, kedisiplinan guru, dan adanya antusias siswa. Sedangkan faktor penghambat literasi keagamaan yang telah ditemukan adalah adanya karakter dan latar belakang siswa yang beragam dan kurangnya pengawasan dari guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NINIK ISHMATUL HUSNA |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 07:47 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 07:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14849 |
Actions (login required)
View Item |