Miftah, Nifa Khoirul (2019) Evaluasi Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Di SMA Negeri 2 Kediri,. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932110415_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932110415_BAB I.pdf Download (519kB) |
|
Text
932110415_BAB II.pdf Download (618kB) |
|
Text
932110415_BAB III.pdf Download (555kB) |
|
Text
932110415_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (888kB) |
|
Text
932110415_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
Text
932110415_BAB VI.pdf Download (317kB) |
|
Text
932110415_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) |
|
Text
932110415_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
mengalami penurunan moral yang disebut dekadensi moral. Dekadensi morla ini tidak lepas dari pendidikan karakter yang diterapkan sejak kecil. Dalam hal ini sekolah dianggap sebagai motor penggerak pendidikan karakter sehingga sekolah memiliki peran yang sangat besar untuk menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik agar moral penerus bangsa dapat diperbaiki. Dalam penyelenggaraan pendidikan karakter mengeluarkan peraturan undang-undang Perpres No 87 Tahun 2017 Tentang Kenguatan Pendidikan Karakter dengan tujuan agar dapat sebagai acuan dalam melaksankaan pendiidkan karakter dengan mengembangkan lima nilai utama karakter PPK yaitu Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong dan Integritas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi program dengan model CIPP. Komponen Context untuk mengetahui pemahaman sekolah terhadap PPK, legalitas program, dukungan lingkungan, tujuan program. Komponen Input untuk mengetahui SDM yang mendukung PPK, sarana-prasarana, sumber dana. Komponen Process untuk mengetahui pelaksanaan program berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, berbasis masyarakat, monitoring, pelaksanaan PPK, hambatan yang dijumpai. Komponen Product untuk mengetahui pencapaian lima nilai karakter utama PPK. data untuk komponen Context, Input, Process menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara sedangkan angket untuk komponen Product. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kaulitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada komponen Context yaitu Sekolah belum memahami sepenuhnya tentang PPK, dukungan lingkungan sangat baik, tujuan program yaitu untuk menumbuhkan jiwa pancasila kepada peserat didik. Komponen Input yaitu SDM guru sangat berperan dalam pelaksanaan PPK, angaran dana bersumber dari pemerintah pusat (APBN) yang turun setiap satu tahun satu kali. Komponen Process yaitu pelaksanaan program berbasisi kelas sudah cuku baik guru telah mengintegrasikan nilai karakter pada desai RPP dan mengaitkan isi materi dengan persoalan kehidupan sehingga peserta didik faham dengan tujuan pembelajaran, guru telah mendapatkan pelatihan untuk menmabah profesioanlisme guru. Pelaksanaan program berbasis budaya sekolah sudah berjalan baik yaitu pembiasaan 5S, Toleransi, karkater religius, karakter nasionalis, karakter mandiri, ix karakter gotong royong, dan karakter integritas. Pelaksanaan program berbasis masyarakat bahwa sekolha teah menjalin hubungan baik dan mendayagunakan tokoh masyarakat, wali murid dan alumni. Sekolah melaksankaan monitoring pelaksanaan PPK melalui jurnal guru dan CCTV yang merekam kegiatan peserta didik dalam melaksanakan PPK. Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan PPK hanya terjadi saat waktu bentrok dengan kegiatan yang lain namun tetap jalan meski kurang maksimal. Komponen Product pencapaian lima nilai utama karakter PPK peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kediri masuk kategori sangat baik dengan melihat nilai rata-rata angket yang diperoleh 78,6 yang menunjukkan kategori sangat baik dalam mencapaian lima nilai uatama karakter PPK.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 04:17 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 04:17 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1482 |
Actions (login required)
View Item |