Peran Madarasah Diniyah Darul Ilmi Dalam Membentuk Karakter Religius Santri

aminatuzzahrok, aminatuzzahrok (2023) Peran Madarasah Diniyah Darul Ilmi Dalam Membentuk Karakter Religius Santri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932139316_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932139316_bab1.pdf

Download (486kB)
[img] Text
932139316_bab2.pdf

Download (741kB)
[img] Text
932139316_bab3.pdf

Download (439kB)
[img] Text
932139316_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
932139316_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
932139316_bab6.pdf

Download (291kB)
[img] Text
932139316_daftarpustaka.pdf

Download (401kB)

Abstract

Pendidikan agama tidak hanya didapatkan disekolah formal saja, namun bisa di peroleh di lembaga nonformal atau informal. Sebagaimana diketahui bahwa Pendidikan Agama Islam di sekolah formal dirasa kurang memadai sebagai bekal pemahaman beragama untuk santri. Madrasah Diniyah Darul Ilmi didirikan bertujuan untuk memberikan pendidikan tentang Al-Qur’an, ilmu fiqih dan akhlak di masyarakat dengan tujuan untuk menciptakan generasi muda yang mencintai Al-Qur’an serta mempunyai akhlakul karimah. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Madrasah Diniyah Darul Ilmi dalam membentuk karakter religius santri, upaya-upaya yang dilakukan Madrasah Diniyah Darul Ilmi dalam membentuk karakter religius santri, faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter religius santri di Madrasah Diniyah Darul Ilmi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah studi kasus. Studi kasus merupkan strategi dimana didalamnya penulis menyelidiki secara cermat suatu program peristiwa, aktifitas, proses atau sekelompok individu.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Madrasah Diniyah Darul Ilmi memiliki peran bagi para siswa dalam pembentukan karakter religius melalui penerapan pada empat fungsi yaitu adaptasi, pencapaian tujuan, integrasi, dan pemeliharaan pola yang diterapkan. 2) Upaya yang dilakukan Madrasah Diniyah Darul Ilmi dalam membentuk karakter religius santri yaitu, sholat jamaah, ngaji Al-Qur’an dan kitab, pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan dan dicontohkan oleh ustadz dan ustadzah, peraturan-peraturan yang tertulis maupun tidak yang harus ditaati oleh setiap santri, pemberian motivasi.3) Faktor pendukungnya adalah adanya dukungan penuh dari orang tua santri, kegiatan tambahan dalam Madrasah Diniyah Darul Ilmi, kegiatan keagamaan di sekitar Madrasah dan Sosial media. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya keterbatasan waktu yang dimiliki dalam proses pembelajaran, keberadaan handphone dan internet.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AMINATUZZAHROK AMINATUZZAHROK
Date Deposited: 13 Sep 2024 06:31
Last Modified: 13 Sep 2024 06:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14795

Actions (login required)

View Item View Item