Zuroidah, Ninik (2019) Perbandingan Manajemen Pendidikan (Dalam Bidang Kurikulum Dan Sarpras) Di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Dan Pondok Pesantren Wahidiyah Kedunglo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932117813_Pra Bab.pdf Download (238kB) |
|
Text
932117813_BAB I.pdf Download (240kB) |
|
Text
932117813_BAB II.pdf Download (260kB) |
|
Text
932117813_BAB III.pdf Download (190kB) |
|
Text
932117813_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
|
Text
932117813_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
|
Text
932117813_BAB VI.pdf Download (168kB) |
|
Text
932117813_Daftar Pustaka.pdf Download (161kB) |
|
Text
932117813_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
Abstract
Dengan berkembangnya pendidikan dan kebutuhan manusia dalam bidang keilmuan yang harus memiliki keseimbanagan baik ilmu alam (umum) serta ilmu syariat (agama, sehingga pesantren harus mengikuti dengan memberikan pelayanan yang diharapkan santri-santri yang mengikuti kegiatan pendidikan pesantren, salah satu jalan untuk mengimbang kebutuhan santri pondok pesantren Hidayatul Mubtadiin memberikan kelonggaran bagi setiap santri mengikuti pendidikan diluar pesantren yakni pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan umum (formal). Namun setelah kebijakan ini diambil pesantren harus mengelola dan mengatur (memanajemen) baik santri, kurikulum, personalia serta sarana prasarana yang dimiliki pesantren dengan benar-benar memperhatikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, sehingga benar-benar seimbang antara penegtahuan santri baik dalam keilmuan pesantren dan keilmuan yang diajarkan di sekolah umum. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan diskriptif, dalam pelaksanaan penelitian penulis membutuhkan waktu yang cukup dalam pengumpulan data yang terkait dengan tujuan penelitian baik metodeobservasi, Interview, wawancara, dan dokumentasi yang semua digunakan peneliti guna mendapatkan data yang falid. Berdasarkan dari hasil penelitian yang melalui proses pengupulan data dan melakukan penarikan kesimpulan tentang bagaimana manajememen pendidikan di Pondok Pesantren Lirboyo dan Wahidiyah, menunjukkan bahwa manajemen pendidikan baik dalam kurikulum, maupun sarana prasarana yang bertujuan mengoptimalkan pembelajaranyang seimbang bagi para santri yang menempuh pendidikan dalam dua lembaga yang berbeda (pondok dan sekolah umum), telah berperan dengan baik yakni elmen pengurus sebagai koordinator dapat memanajmemen dengan baik yang berakibat pada efektitas belajar santri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 02:50 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 02:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1476 |
Actions (login required)
View Item |