Strategi Coping Stress Guru Di SLB-C Dharma Wanita Pare

SARI, RETNO BUDI ARUM (2024) Strategi Coping Stress Guru Di SLB-C Dharma Wanita Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933427718_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933427718_bab1.pdf

Download (337kB)
[img] Text
933427718_bab2.pdf

Download (387kB)
[img] Text
933427718_bab3.pdf

Download (331kB)
[img] Text
933427718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
933427718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
933427718_bab6.pdf

Download (11kB)
[img] Text
933427718_daftarpustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text
933427718_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
933427718_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (248kB)

Abstract

RETNO BUDI ARUM SARI. 2024. Strategi Coping Stress Guru Di SLB-C Dharma Wanita Pare. SKRIPSI, Program Studi Psiklogi Islam, Fakultas Ushukuddin Dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Dosen pembimbing I. Novi Wahyu Winastuti, M.Psi. Dosen pembimbing II Fidia Astuti, M.Psi Kata Kunci : Strategi Coping Stress, Stress, Guru SLB Beban pekerjaan yang berat dan permasalahan yang lain membuat guru pembimbing anak berkebutuhan khusus mengalami stress. Stress tersebut perlu mereka olah dengan baik agar mampu bekerja secara profesional. Oleh karena itu di perlukan strategi coping stress yang tepat dalam penanganan stress. Berkenaan dengan kondisi pada guru di SLB-C Dharma Wanita Pare yang teridentivikasi memiliki stress yang tinggi maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stress yang dialami oleh guru di SLB-C Dharma Wanita Pare dan strategi coping stress seperti apa yang dilakukan oleh guru di SLB-C Dharma Wanita Pare. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini 3 guru yang memiliki tingkat stress yang tinggi berdasarkan angket The Perceived Stress Scale (PSS-10). Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan triagulasi sumber. Hasil penelitian mengenai Gambaran stress dan strategi Coping Stress Guru Di SLB-C Dharma Wanita Pare, digambarkan berdasarkan dua aspek stress yang muncul yaitu; Pada aspek biologis, subjek N mengalami kesulitan tidur dan mudah sakit kepala. Subjek BV mudah lelah, tenggorokan kering, suara habis, mudah mengantuk dan sakit kepala. Pada subjek SY mudah lelah, mengantuk dan sering sakit kepala. Pada aspek psikosoisal, subjek N mengalami sedih yang berlebihan, pikiran tidak fokus saat ada masalah, mudah kehilangan konsentrasi saat mengajar, mencari dukungan batin dari seseorang sebagai tempat sandaran dan mencari solusi. Subjek BV saat merasa kesal suka mencubit ABK namun dalam batas wajar untuk memberi efek jera, BV pikiran mudah lelah dan sering kehilangan konsentrasi, sering overthingking dan mudah pesimis atas kemampuannya. Subjek SY emosi sering tidak terkontrol, mudah marah tanpa disadari menaikkan nada suara, tergerak mengomeli anak didiknya, berteriak saat ABK ramai susah diatur, menggebrak meja dan papan tulis, mudah lupa, pikiran bekerja dua kali dan mudah kehilangan konsentrasi, sering merasa rendah diri dan merasa tidak membutuhkan teman bercerita.Terdapat dua metode strategi coping yang digunakan oleh tiga subjek. Pada subjek N menggunakan teknik Seeking Social Support yang termasuk dalam salah satu teknik pada strategi Coping Emotional Focused Coping. Pada subjek BV menggunakan teknik Seeking Social Support dan Distancing yang termasuk dalam salah satu teknik pada strategi Coping Emotional Focused. Sedangkan pada subjek SY menggunakan teknik Confrontative yang termasuk dalam salah satu teknik pada strategi coping Problem Focused Coping.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: RETNO BUDI ARUM SARI
Date Deposited: 19 Sep 2024 07:04
Last Modified: 19 Sep 2024 07:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14758

Actions (login required)

View Item View Item