Implementasi Budaya Religius Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MI Fathul Huda Desa Janti Kecamatan Wates

Fanani, Ryan Alif (2024) Implementasi Budaya Religius Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MI Fathul Huda Desa Janti Kecamatan Wates. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109119_PRABAB.PDF

Download (593kB)
[img] Text
932109119_BAB1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932109119_BAB2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932109119_BAB3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932109119_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932109119_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932109119_BAB6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932109119_DAFTARPUSTAKA.PDF

Download (2MB)
[img] Text
932109119_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (118kB)

Abstract

Perkembangan IPTEK pada masa ini tidak hanya membawa dampak positif saja, akan tetapi juga membawa dampak negatif di berbagai sektor. Salah satunya sektor pendidikan. Dampak negatif yang dirasakan adalah menurunnya tingkat kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi budaya religius sekolah yang ada di MI Fathul Huda Desa Janti Kecamatan Wates; 2) Mendeskripsikan dampak implementasi budaya religius sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MI Fathul Huda Desa Janti Kecamatan Wates. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian adalah Kepala MI Fathul Huda, guru PAI, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengimplementasian budaya religius sekolah yang ada di MI Fathul Huda melalui 3 tahapan. Tahap pertama berupa perencanaan yaitu penetapan kebijakan- kebijakan oleh Kepala MI Fathul Huda. Tahap kedua berupa pelaksanaan budaya religius melalui pembiasaan, keteladanan, dan pendekatan persuasif yang diwujudkan dalam berbagai budaya religius meliputi 5S, murajaah, pembelajaran shalat dhuha, doa sebelum dan sesudah pembelajaran, shalat dhuhur berjamaah dan tahlil keliling. Tahap ketiga berupa evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan budaya religius yang ada 2) Implementasi budaya religius yang ada di MI Fathul Huda berdampak positif pada peningkatan kedisiplinan siswa, yaitu meningkatnya kedisiplinan siswa dalam hal waktu, meningkatnya kedisiplinan siswa dalam hal menaati tata tertib dan meningkatnya kedisiplinan siswa dalam hal beribadah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RYAN ALIF FANANI
Date Deposited: 11 Sep 2024 07:40
Last Modified: 11 Sep 2024 07:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14753

Actions (login required)

View Item View Item