Indrayani, Dita Permata Putri (2024) Strategi Account Officer Dalam Mengendalikan Pembiayaan Bermasalah (Studi Kasus Pada BMT Muamalah Tulungagung). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931423018_PRABABB.pdf Download (329kB) |
|
Text
931423018_bab1.pdf Download (201kB) |
|
Text
931423018_Bab2.pdf Download (158kB) |
|
Text
931423018_Bab3.pdf Download (64kB) |
|
Text
931423018_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
Text
941423018_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Text
931423018_Bab6.pdf Download (35kB) |
|
Text
931423018_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (145kB) |
|
Text
931423018_LEMBARPERSETUJUANPUBLIKASI.pdf Download (51kB) |
Abstract
Dita Permata Putri Indrayani, 2024. Strategi Account Officer Dalam Mengendalikan Pembiayaan Bermasalah (Studi Kasus Pada BMT Muamalah Tulunggaung). Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dosen Pembimbing (1) Rofik Efendi, S. Kom,MM (2) Moch. Zainuddin, MEI.Kata Kunci : Baitul Mal Watamwil, Strategi Account Officer, Pembiayaan BermasalahBMT Muamalah Tulungagung mampu mengendalikan pembiayaan bermasalah dengan menempatkan persentase NPF dalam kategori sehat pada kurun waktu beberapa tahun belakangan ini. Account Officer memiliki tugas utama dalam menghubungkan lembaga BMT dengan nasabahnya. Dimana tugas Account Officer ialah menganalisis pembiayaan mulai dari menyeleksi nasabah yang akan mengajukan pembiayaan dan pemantauan nasabah. Dari tugas Account Officertersebut yang berhubungan dengan menganalisis pembiayaan termasuk dalam prinsip kehati-hatian bank (Prudential Bank). Dengan demikian BMT Muamalah Tulungagung memiliki strategi Account Officer untuk mengendalikan pembiayaan bermasalah. Temuan Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut mengenai strategi Account Officer dalam mengendalikan pembiayaan bermasalah pada BMT Muamalah Tulungagung sebagai rekomendasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang berlokasi di BMT Muamalah Tulungagung. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui hasil observasi,wawancara, dan dokumentasi. Peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data antara lain keikutsertaan peneliti dengan memperpanjang waktu penelitian dan triangulasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Account Officer pada BMT Muamalah Tulungagung mampu mengendalikan pembiayaan bermasalah dengan prosentase NPF dalam kategori sehat, Account Officer pada BMT Muamalah Tulungagung berperan besar dalam mekanisme pengajuan pembiayaan mulai dara tahapan awal administrasi dokumen sampai dengan pencairan pembiayaan, Strategi Account Officer pada BMT Muamalah Tulungagung dalam mengendalikan pembiayaan bermasalah dilakukan dengan tiga tahapan diantaranya ialah tahapan awal pra pembiayaan, tahapan saat pembiayaan dicairkan,dan tahapan pasca pembiayaan bermasalah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150205 Investment and Risk Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Dita Permata Putri Indrayani |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:07 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14714 |
Actions (login required)
View Item |