Kholif, Eva Nur (2024) Implementasi Media Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SD NU Darussalam Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932118518_PRABAB.pdf Download (554kB) |
|
Text
932118518_BAB1.pdf Download (202kB) |
|
Text
932118518_BAB2.pdf Download (296kB) |
|
Text
932118518_BAB3.pdf Download (196kB) |
|
Text
932118518_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
Text
932118518_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
|
Text
932118518_BAB6.pdf Download (35kB) |
|
Text
932118518_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (158kB) |
|
Text
932118518_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
932118518_LEMBAR PERSYARATAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (131kB) |
Abstract
Pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan merupakan kondisi pembelajaran yang di inginkan oleh setiap siswa, apabila siswa memiliki semangat dan antusias tinggi dalam pembelajaran tidak dipungkiri hasil belajar siswa akan meningkat. Salah satu upaya yang bisa dilakukan guru adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran, dengan menggunakan media pembelajaran akan membantu siswa untuk lebih memahami materi yang dipelajari, terutama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Karena sedikit banyak guru pasti membutuhkan media untuk mengemas materi dengan keinovatifan dan kreatifitas guru. Contohnya seperti penggunaan media Quizizz dalam pembelajaran, dimana aplikasi Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat kuis atau materi interaktif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Dalam praktiknya aplikasi ini mampu menjadikan suasana pembelajaran menjadi lenih menyenangkan, menantang, dan tidak membuat siswa jenuh, sehingga memberikan rangsangan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dan menjadikan peningkatan kualitas dan hasil belajar siswa. Akan tetapi pada kenyataannya tidak demikian pembelajaran yang terjadi di SD NU Darussalam Kediri membuat siswa bosan, kurang bersemangat sehingga berakibat pada menurunnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media Quizizz pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk menjawab tujuan diatas, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode peneltian tindakan kelas. Informan dalam penelitian ini adalah seorang guru mata pelajaran PAI dan siswa kelas IV SD NU Darussalam Kediri. Instrumen pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dalam prosedur penelitian, peneliti menggunakan 4 tahap yang digunakan dalam setiap siklusnya, yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan, (4) refleksi. Pada penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa implementasi media Quizizz pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada (a) Siklus I diperoleh hasil belajar dari 15 siswa yang hadir, ada 4 siswa yang memperoleh skor hasil belajar dibawah KKM dengan rata-rata nilai 67,5 dan 11 siswa lainnya di atas KKM. (b) Siklus II diperoleh hasil belajar dari 15 siswa yang hadir semuanya memperoleh nilai diatas KKM, dengan rincian 4 siswa yang hadir memperoleh kategori nilai baik sekali (rentang 85-100) dan 11 siswa mendapatkan kategori baik (rentang 75-84) dengan rata-rata nilai 83,3. Berdasarkan hasil tes tersebut diketahui bahwa siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan , jadi dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan dari implementasi media Quizizz telah tercapai
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | EVA NUR KHOLIF |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:33 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14709 |
Actions (login required)
View Item |