Tinjauan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Etika Bisnis Islam terhadap Praktik Jual Beli Snack Repacking di Kota Kediri

Muawanah, Lutfi Birul (2023) Tinjauan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Etika Bisnis Islam terhadap Praktik Jual Beli Snack Repacking di Kota Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92500920003_prabab.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
92500920003_bab1.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text
92500920003_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text
92500920003_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
92500920003_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
92500920003_bab5.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
92500920003_6.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
92500920003_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
92500920003_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until September 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

LUTFI BIRUL MUAWANAH, Dosen Pembimbing I Dr. Ali Samsuri, M.EI dan Dosen Pembimbing II Dr. Andriani, M.M. Tinjauan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Etika Bisnis Islam terhadap Praktik Jual Beli Snack Repacking di Kota Kediri. Pascasarjana Ekonomi Syariah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Perlindungan, Konsumen, Etika, Bisnis Islam. Fenomena usaha yang mudah dijalankan saat ini adalah menjual snack dengan kemasan ulang (repacking) dari kemasan besar ke eceran. Masalah yang timbul dalam praktik jual beli snack repacking adalah tidak adanya informasi secara rinci mengenai snack repacking yang dijual secara tertulis pada kemasan, sehingga pembeli mendapatkan produk snack repacking yang tidak sesuai dengan informasi yang disampaikan penjual, pedagang melakukan tindakan kecurangan tidak jujur secara rinci tentang informasi produk snack. Penjualan snack repacking tanpa label juga tidak sesuai dengan aturan Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, karena melanggar aturan merepacking snack yang ditetapkan dengan tidak mencantumkan label informasi lengkap, izin SPPIRT dan logo halal. Demikian hal ini juga tidak sesuai dengan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam. Sehingga mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan memfokuskan penelitian: Bagaimana Praktik jual beli beli snack repacking di Kota Kediri? Bagaimana tinjauan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap praktik jual beli snack repacking di Kota Kediri? Bagaimana tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap praktik jual beli snack repacking di Kota Kediri ditinjau dari etika bisnis Islam? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitaian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan yang akan dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Praktik jual beli snack repacking di Kota Kediri menggunakan media offline dan online dengan sistem reseller dan pembeli atau konsumen. (2) ditinjau dari Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap praktik jual beli snack repacking di Kota Kediri belum memenuhi Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dengan tidak menacantumkan label informasi sama sekali dan ada yang mencantumkan tetapi tidak lengkap, hal ini membuat kewajiban konsumen tidak dipenuhi. (3) ditinjau dari etika bisnis Islam terhadap praktik jual beli beli snack repacking di Kota Kediri masih ada yang belum memenuhi prinsip-prinsip etika bisnis Islam dengan tidak terbuka dengan informasi snack secara rinci, kecurangan berat timbangan tidak sesuai dengan yang disampaikan, dan logo halal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Lutfi Birul Muawanah
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14663

Actions (login required)

View Item View Item