Fitriyah, Lailatul (2024) Peran Tokoh Agama Dalam Membina Remaja Berakhlakul Karimah di Kelurahan Romokalisari Rw 01 Kota Surabaya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932117218_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932117218_bab1.pdf Download (427kB) |
|
Text
932117218_bab2.pdf Download (793kB) |
|
Text
932117218_bab3.pdf Download (330kB) |
|
Text
932117218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (906kB) |
|
Text
932117218_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
|
Text
932117218_bab6.pdf Download (191kB) |
|
Text
932117218_daftarpustaka.pdf Download (195kB) |
|
Text
Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (195kB) |
Abstract
LAILATUL FITRIYAH, Dosen Pembimbing Dr. H. MUNIRON, M.AG dan SURAHMAT, M. HUM, Peran Tokoh Agama Dalam Membina Remaja Berakhlakul Karimah Di Kelurahan Romokalisari RW 01 Kota Surabaya, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata kunci : Peran Tokoh Agama, Pembinaan Akhlak Remaja. Pembinaan akhlak remaja menjadi bagian penting dalam membentuk generasi yang berkarakter dan berakhlakul karimah, yang diharapkan dapat menjadi pondasi kuat bagi bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi akhlak remaja, peran tokoh agama dalam membina remaja, dan faktor pendukung dan penghambat tokoh agama dalam pelaksanaan pembinaan remaja di Kelurahan Romokalisari Rw 01 Kota Surabaya. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, (1) Akhlak remaja di Kelurahan Romokalisari Rw 01 Surabaya pada umumnya baik, adapun terjadinya kenakalan remaja atau perilaku menyimpang pada remaja dikarenakan terpengaruh oleh lingkungan di mana mereka tinggal, sehingga pengalaman-pengalaman yang diterima dari lingkungannya sangat mempengaruhi jati diri dan perilaku mereka. (2) Dalam membina remaja, tokoh agama berperan sebagai pendidik, pembimbing, dan uswatun hasanah. Sebagai pendidik tokoh agama memberikan pendidikan agama dan moral kepada remaja melalui berbagai kegiatan keagamaan. Kemudian, tokoh agama selalu memberikan bimbingan kepada remaja dalam menghadapi berbagai tantangan hidup dan masalah yang mereka hadapi. Dalam kehidupan sehari-hari, tokoh agama sebagai uswatun hasanah yaitu menjadi contoh yang baik bagi masyarakat maupun remaja dalam berperilaku dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. (3) Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat tokoh agama dalam menjalankan perannya, faktor pendukung tersebut meliputi adanya dukungan dan keterlibatan dari pihak keluarga remaja terutama orang tuanya, lingkungan yang kondusif, ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, serta kerjasama yang baik antar warga, perangkat desa, tokoh masyarakat maupun tokoh agama dapat membantu tokoh agama dalam melaksanakan pembinaannya, begitu sebaliknya jika ada salah satu faktor pendukung tersebut tidak terpenuhi, maka bisa menjadi penghambat tokoh agama dalam menjalankan pembinaan terhadap remaja.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | LAILATUL FITRIYAH |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:34 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14662 |
Actions (login required)
View Item |