peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak melalui metode role playing siswa kelas XII IIS 3 MAN 4 Kediri

Vanjaya, Rista (2023) peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak melalui metode role playing siswa kelas XII IIS 3 MAN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932138519_prabab.pdf

Download (401kB)
[img] Text
932138519_prababb.pdf

Download (721kB)
[img] Text
932138519_bab1.pdf

Download (419kB)
[img] Text
932138519_bab2.pdf

Download (506kB)
[img] Text
932138519_bab3.pdf

Download (418kB)
[img] Text
932138519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932138519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
932138519_bab6.pdf

Download (397kB)
[img] Text
932138519_daftarpustaka.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Form ethesis.pdf

Download (259kB)

Abstract

Dalam proses pendidikan, metode pembelajaran merupakan upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang disusun tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Bagaimana pelaksanaan metode role playing pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas XI IIS 3 MAN 4 Kediri, (2) Adakah peningkatan hasil belajar siswa melalui metode role playing siswa kelas XI IIS 3 MAN 4 Kediri. Penelitian ini merupakan Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap analisis dan refleksi. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 36 siswa kelas XI IIS 3 MAN 4 Kediri Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui metode role playing yaitu terlihat pada peningkatan tes hasil belajar yang dimulai dari tes awal, siklus I sampai dengan siklus II. berikut ini hasil belajar setelah tindakan : a. Hasil belajar peserta didik pada tes awal mencapai nilai rata-rata 33.33% dengan 12siswa yang dinyatakan lulus b. Hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai nilai rata-rata sebanyak 44.44% dengan 16siswa yang dinyatakan tuntas. c. Hasil belajar peserta didik pada siklus II mencapai nilai rata-rata 83.33 atau sebanyak 80.97% dengan 30siswa yang dinyatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RISTA VANJAYA
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:38
Last Modified: 06 Sep 2024 08:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14658

Actions (login required)

View Item View Item