Vanjaya, Rista (2023) peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak melalui metode role playing siswa kelas XII IIS 3 MAN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932138519_prabab.pdf Download (401kB) |
|
Text
932138519_prababb.pdf Download (721kB) |
|
Text
932138519_bab1.pdf Download (419kB) |
|
Text
932138519_bab2.pdf Download (506kB) |
|
Text
932138519_bab3.pdf Download (418kB) |
|
Text
932138519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932138519_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
|
Text
932138519_bab6.pdf Download (397kB) |
|
Text
932138519_daftarpustaka.pdf Download (304kB) |
|
Text
Form ethesis.pdf Download (259kB) |
Abstract
Dalam proses pendidikan, metode pembelajaran merupakan upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang disusun tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Bagaimana pelaksanaan metode role playing pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas XI IIS 3 MAN 4 Kediri, (2) Adakah peningkatan hasil belajar siswa melalui metode role playing siswa kelas XI IIS 3 MAN 4 Kediri. Penelitian ini merupakan Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap analisis dan refleksi. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 36 siswa kelas XI IIS 3 MAN 4 Kediri Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui metode role playing yaitu terlihat pada peningkatan tes hasil belajar yang dimulai dari tes awal, siklus I sampai dengan siklus II. berikut ini hasil belajar setelah tindakan : a. Hasil belajar peserta didik pada tes awal mencapai nilai rata-rata 33.33% dengan 12siswa yang dinyatakan lulus b. Hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai nilai rata-rata sebanyak 44.44% dengan 16siswa yang dinyatakan tuntas. c. Hasil belajar peserta didik pada siklus II mencapai nilai rata-rata 83.33 atau sebanyak 80.97% dengan 30siswa yang dinyatakan tuntas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | RISTA VANJAYA |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 08:38 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 08:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14658 |
Actions (login required)
View Item |