Pengembangan media (PAPERLIN) papan permainan perkalian untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik pada materi operasi hitung perkalian kelas II MI mambaul ulum Kota Kediri

Alawiyah, Bey Faizzati (2024) Pengembangan media (PAPERLIN) papan permainan perkalian untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik pada materi operasi hitung perkalian kelas II MI mambaul ulum Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206031_prabab.pdf

Download (902kB)
[img] Text
20206031_bab1.pdf

Download (547kB)
[img] Text
20206031_bab2.pdf

Download (475kB)
[img] Text
20206031_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
20206031_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)
[img] Text
20206031_bab5.pdf

Download (403kB)
[img] Text
20206031_daftarpustaka.pdf

Download (337kB)
[img] Text
20206031_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20206031_Lembarpersetujuanpublikasi.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana tahapan pengembangan media papan permainan perkalian (Paperlin) pada materi operasi hitung perkalian kelas II MI Mambaul Ulum Kota Kediri; (2) Bagaimana kelayakan media papan permainan perkalian (Paperlin) pada materi operasi hitung perkalian kelas II MI Mambaul Ulum Kota Kediri; Lalu, (3) Bagaimana keefektifan media papan permainan perkalian (Paperlin) pada materi operasi hitung perkalian kelas II MI Mambaul Ulum Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, angket penilaian ahli media, ahli materi, dan angket respon peserta didik. Menggunakan teknik analisis data jenis statistika deskriptif untuk pengolahan data angket dan menggunakan uji N- Gain untuk mengolah data dalam mengukur ke efektifitasan media Paperlin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) tahapan pengembangan ini dimulai dengan tahap analisis kebutuhan peserta didik, analisis kurikulum, kemudian dilakukan tahap perancangan media paperlin sesuai dengan kebutuhan peserta didik, lalu tahap pengembangan media dengan mengvalidasikan pada pada ahli maedia, ahli materi agar dapat menyempurnakan media sebelum diuji cobakan, tahap ke empat implementasikan media paperlin pada peserta didik kelas II MI Mambaul Ulum dan menyebarkan soal pretest dan postest serta angket, tahapan terakhir tahap evaluasi. (2) Media paperlin ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan telah divalidasikan pada ahli media memperoleh rata-rata nilai 82% dengan kategori “Sangat layak” dan dari ahli materi memperoleh skor rata rata 98% dengan kategori “Sangat Layak”. (3) Hasil analisis data skor pretest dan posttest menunjukan adanya peningkatan. Dengan nilai pretest dengan rata-rata 48, 43 dan nilai posttest dengan nilai rata-rata 85, 93. Pada hasil uji N-Gain score memperoleh hasil rata-rata 0, 77 dengan kategori “Tinggi” dan N-Gain persen sebesar 76, 61% dengan kategori “efektif”. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan sangat signifikan antara kemampuan numerasi sebelum dan sesudah penggunaan media Paperlin.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: BEY FAIZZATI ALAWIYAH
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:39
Last Modified: 09 Sep 2024 02:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14608

Actions (login required)

View Item View Item