Sari, Umi Kalsum Intan (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SMAN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932114119_PRABAB REVISI.pdf Download (334kB) |
|
Text
932114119_BAB I.docx.pdf Download (231kB) |
|
Text
932114119_BAB II.pdf Download (298kB) |
|
Text
932114119_BAB III.pdf Download (204kB) |
|
Text
932114119_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
Text
932114119_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
Text
932114119_BAB VI.pdf Download (121kB) |
|
Text
932114119_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
Text
932114119_sp.pdf Download (93kB) |
Abstract
ABSTRAK Kata kunci: Peran Guru, Pendidikan Karakter, Strategi Guru Guru Pendidikan Agama Islam sangatlah berperan penting dalam pembentukan karakter siswa di sekolah. Karena Guru Pendidikan Agama Islam adalah guru yang dapat mendidik karakter siswa sesuai dengan syariat islam. Peranan Guru Pendidikan Agama Islam tersebut membentuk tingkah laku siswa yang sebelumnya kurang baik menjadi baik, dan yang sebelumnya sudah baik menjadi lebih baik lagi. Dengan demikian Guru Pendidikan Agama Islam selain menstransfer ilmu Agama juga berperan dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan syariat islam dan budaya bangsa Indonesia. Penelitian ini berfokus pada bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam penguatan pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Kediri, bagaiman strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penguatan pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Kediri, dan apa saja faktor yang mendukung dan menghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam penguatan pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, sumber data dari Waka Kesiswaan beberapa guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negri 1 Kediri, serta peserta didik. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dan dipahami bahwa peranan yang dilakuan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam penguatan karakter di SMA Negeri 1 Kediri sudah baik dimana Guru Pendidikan Agama Islam telah mengajarkan dan membimbing siswa untuk berperilaku religius, jujur, disiplin, tangung jawab, sopan santun, . Guru Pendidikan Agama Islam juga menggunakan beberapa strategi pembentukan karakter seperti strategi keteladanan, strategi pembiasaan, dan strategi qishah. Sedangkan faktor pendukung dalam pembentukan karakter siswa yaitu faktor yang dipengaruhi dari luar seperti keluarga, dan untuk faktor penghambat dalam pembentukan karakter seperti adanya pergaulan teman sebaya yang kurang baik dan penggunaan media sosial yang berlebihan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Umi Kalsum Intan Sari |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 08:37 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 08:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14555 |
Actions (login required)
View Item |