Komunikasi Intrapersonal Santri Pondok Pesantren Al-Mas’udy Mojokerto Dalam Fenomena Fear Of Missing Out Pada Trend Fashion

FARIDA, MAULIDIYA NUR (2024) Komunikasi Intrapersonal Santri Pondok Pesantren Al-Mas’udy Mojokerto Dalam Fenomena Fear Of Missing Out Pada Trend Fashion. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20103080_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20103080_bab1.pdf

Download (502kB)
[img] Text
20103080_bab2.pdf

Download (452kB)
[img] Text
20103080_bab3.pdf

Download (427kB)
[img] Text
20103080_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
20103080_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
20103080_bab6.pdf

Download (301kB)
[img] Text
20103080_daftarpustaka.pdf

Download (411kB)
[img] Text
20103080_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
20103080_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (207kB)

Abstract

Maulidiya Nur Farida, Dosen Pembimbing Dr. H. A. Halil Thahir, M.HI dan Lukman Hakim, S.I.Kom., M.Sos. Komunikasi Intrapersonal Santri Pondok Pesantren Al-Mas’udy Mojokerto dalam Fenomena Fear of Missing Out Pada Trend Fashion. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2024 Kata Kunci: Komunikasi, Fear of Missing Out, Santri. Pondok Pesantren. Penelitian ini membahas tentang fenomena Fear of Missing Out (FoMO) tentang trend fashion di kalangan santri di pondok pesantren Al- Mas’udy Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku komunikasi Fear of Missing Out (FoMO) pada santri Pondok Pesantren Al- Mas’udy dalam mempengaruhi kebutuhan hidup mereka dan untuk mengetahui dampak di kehidupan mereka. Pada penelitian ini menggunakan teori komunikasi intrapersonal. Komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi pada diri sendiri dimana berfungsi untuk mengetahui bagaimana proses FoMO pada santri dalam memutuskan untuk mengikuti trend fashion melalui beberapa proses dan tahapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil wawancara menghasilkan sebuah jawaban atas aksinya yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan FoMO mempengaruhi cara santri memandang kebutuhan dan keinginan terkait trend fashion. Santri cenderung merasakan adanya tekanan sosial untuk selalu tampil modis dan mengikuti perkembangan mode terbaru yang mereka lihat di media sosial dan lingkungan sekitarnya. FoMO trend fashion menjadi sebuah kebutuhan hidup dan memberikan dampak pada santri Pondok Pesantren Al-Mas’udy Mojokerto. Dampak positif dari FoMO adalah adanya motivasi untuk tampil lebih percaya diri dan modis, yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan citra diri di kalangan teman sebaya. Namun, dampak negatifnya mencakup tekanan finansial dan hidup boros, kecemasan berlebih, dan kecanduan bermain media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: MAULIDIYA NUR FARIDA
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:43
Last Modified: 04 Sep 2024 07:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14535

Actions (login required)

View Item View Item