Pengembangan Media Alat Peraga "SiPerSia" Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di SDN Bulupasar

Aziz, Putri Nadia Ismahani (2024) Pengembangan Media Alat Peraga "SiPerSia" Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di SDN Bulupasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206042_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206042_bab1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
20206042_bab2.pdf

Download (440kB)
[img] Text
20206042_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
20206042_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20206042_bab5.pdf

Download (208kB)
[img] Text
20206042_daftarpustaka.pdf

Download (223kB)
[img] Text
20206042_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (456kB)

Abstract

PUTRI NADIA ISMAHANI AZIZ. Dosen Pembimbing RATNA WAHYU WULANDARI, M.Pd. dan AZIZA ANGGI MAIYANTI, S.Si, M.Pd. Pengembangan Media Alat Peraga ”SiPerSia” Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di SDN Bulupasar, Skripsi, Program Studi Pendiidkan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024.Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) mengembangkan media alat peraga “SiPerSia” (Sistem Pernapasan Manusia) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SDN Bulupasar, (2) mengetahui kelayakan media alat peraga “SiPerSia” (Sistem Pernapasan Manusia) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SDN Bulupasar, (3) mengetahui keefektifan media alat peraga “SiPerSia” (Sistem Pernapasan Manusia) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SDN Bulupasar. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang melalui lima tahapan pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bulupasar dengan subjek penelitian yaitu kelas V yang terdiri dari dua rombel kelas dengan jumlah keseluruhan 23 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi ahli media memperoleh presentase sebesar 97,5% dengan kategori sangat layak digunakan. Sedangkan validasi ahli materi memperoleh presentase 87,5% dengan kategori sangat layak digunakan. (2) Hasil angket respon peserta didik kelompok kecil memperoleh presentase 90% dengan kategori sangat layak. Sedangkan uji coba kelompok besar memperoleh presentase 92,17% dengan kategori sangat layak. (3) Hasil pre-test dan post-test kelompok kecil memperoleh nilai 0,62 menjadi 0,92 dengan kategori sangat efektif dengan perolehan skor N-gain 80,0 dengan kategori tinggi. Sedangkan Hasil pre-test dan post-test kelompok besar memperoleh nilai 62,17 menjadi 90,86 dengan kategori sangat efektif dengan perolehan skor N-gain 0,78 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Bulupasar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: PUTRI NADIA ISMAHANI AZIZ
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:40
Last Modified: 04 Sep 2024 07:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14513

Actions (login required)

View Item View Item