Lestari, Mutiara (2024) Pengembangan Media Pembelajaran "Eksplorasi Bangun Ruang AR" untuk Siswa SMP. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20204004_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20204004_bab1.pdf Download (463kB) |
|
Text
20204004_bab2.pdf Download (346kB) |
|
Text
20204004_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
|
Text
20204004_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
|
Text
20204004_bab5.pdf Download (191kB) |
|
Text
20204004_daftar pustaka.pdf Download (407kB) |
|
Text
20204004_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
20204004_pernyataan upload karya ilmiah.pdf Download (189kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari bangun ruang. Mereka merasa sulit ketika memvisualisasikan bangun ruang yang dipelajarinya. Kesulitan belajar matematika ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya pemahaman siswa terhadap materi matematika, terutama bangun ruang, kurangnya perhatian siswa terhadap penjelasan guru selama proses belajar mengajar di kelas, serta minimnya latihan soal matematika. Akibatnya, hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu solusi adalah dengan memanfaatkan alat bantu belajar yaitu media pembelajaran. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran “Eksplorasi Bangun Ruang AR” berbasis android untuk siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli praktisi, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa berupa post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ini dinilai sangat valid atau sangat layak, dengan rata-rata skor 89,41% dari ahli media dan 88,57% dari ahli materi. Kepraktisan produk juga dinilai sangat praktis dengan rata-rata skor 91% dari ahli praktisi dan mendapatkan skor 84% yang mana masuk ke dalam kategori sangat praktis berdasarkan angket respon siswa. Keefektifan produk masuk ke dalam kategori efektif untuk digunakan dengan 100% peserta didik mendapatkan nilai di atas KKM. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Eksplorasi Bangun Ruang AR memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan kevalidan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | MUTIARA LESTARI |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 06:50 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 06:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14506 |
Actions (login required)
View Item |