Efektivitas Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Di SLB Negeri Kandat Kabupaten Kediri

SOLEKHAH, FADILA LAYLATUL (2024) Efektivitas Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Di SLB Negeri Kandat Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205127_prabab.pdf

Download (706kB)
[img] Text
20205127_bab1.pdf

Download (269kB)
[img] Text
20205127_bab2.pdf

Download (353kB)
[img] Text
20205127_bab3.pdf

Download (410kB)
[img] Text
20205127_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
20205127_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
20205127_bab6.pdf

Download (73kB)
[img] Text
20205127_daftarpustaka.pdf

Download (210kB)
[img] Text
20205127_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)

Abstract

FADILA LAYLATUL SOLEKHAH, Dosen Pembimbing I, Dr. ADDIN ARSYADANA, M.Pd.I. dan Dosen Pembimbing II, PUSPOKO PONCO RATNO, M.T. Efektivitas Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di SLB Negeri Kandat Kabupaten Kediri, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2024. Kata kunci: Aplikasi Dapodik, Kinerja Pegawai, PIECES Framework Perkembangan teknologi bukan hanya berkembang dari segi alatnya saja melainkan juga berkembang dari sisi fungsionalitasnya. Dalam lingkungan Pendidikan Indonesia telah menerapkan Apliaksi Dapodik sebagai alat untuk pendataan lembaga pendidikan. Dengan menerapkan sistem informasi diharapkan akan membantu kinerja dibidang penyimpanan, pengolahan, keamanan data, pengiriman dan penerimaan data. Penelitian ini dilakukan di SLB Negeri Kandat Kabupaten Kediri untuk melihat apakah dengan menggunakan aplikasi Dapodik dapat meningkatan kinerja pegawai dalam hal pendataan lembaga pendidikan. Untuk menganalisis efektifitas apliaksi Dapodik dalam meningkatkan kinerja pegawai di SLB Negeri Kandat, penulis menggunakan metode PIECES framework. penggunaan metode PIECES framework sangat cocok dalam menganalisis setiap variabel sistem yang diteliti karena bisa memberikan hasil yang mudah dipahami dan lebih rinci terhadap efektivitas sistem yang diterapkan pada dunia Pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan manajemen penggunaan aplikasi Dapodik di SLB Negeri Kandat, 2) Mendeskripsikan hasil dari pengukuran efektivitas aplikasi Dapodik dalam meningkatkan kinerja pegawai di SLB Negeri Kandat Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Dalam pengambilan data penulis menyebarkan angket keseluruh pendidik dan tenaga kependidikan di SLB Negeri Kandat, sebagai pengguna aktif aplikasi Dapodik. Skala pengukuran menggunakan skala likert dengan 4 kategori penilaian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menentukan rata-rata hasil dari analisis menggunakan metode PIECES Framework Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa 1) Manajemen penggunaan aplikasi dapodik dimulai dari perencanaan penggunaan aplikasi Dapodik, pengorganisasian dalam penggunaan aplikasi Dapodik, proses penggunaan aplikasi Dapodik terakhir pengendalian dalam penggunaan aplikasi Dapodik 2) Aplikasi Dapodik sangat efektif dalam meningkatkan kinerja pegawai di SLB Negeri Kandat ditinjau dari variabel PIECES (Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, dan Service) karena Hasil penilaian yang telah dilakukan semua variabel berada pada kategori sangat baik yaitu: Performance 3,78, Information 3,57, Economics 3,64, Control 3,64, Efficiency 3,61, dan Service 3,5.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: FADILA LAYLATUL SOLEKHAH
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:16
Last Modified: 28 Aug 2024 07:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14427

Actions (login required)

View Item View Item