HUBUNGAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN BERIBADAH SHALAT LIMA WAKTU MAHASISWA IAIN KEDIRI

Nuha, Salsabila Najmi (2024) HUBUNGAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN BERIBADAH SHALAT LIMA WAKTU MAHASISWA IAIN KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI IAIN KEDIRI.

[img] Text
933502018_PRABAB.pdf

Download (919kB)
[img] Text
933502018_BAB1.pdf

Download (181kB)
[img] Text
933502018_BAB2.pdf

Download (275kB)
[img] Text
933502018_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
933502018_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
933502018_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
933502018_BAB6.pdf

Download (383kB)
[img] Text
933502018_DAPUS.pdf

Download (78kB)
[img] Text
933502018_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
933502018_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (258kB)

Abstract

Ibadah yang diwajibkan bagi setiap muslim adalah shalat lima waktu. Shalat merupakan rukun Islam yang sangat penting dan harus dilakukan oleh seorang muslim karena amal yang pertama kali akan dihisab di hari pembalasan adalah shalat. Shalat harus dikerjakan pada waktunya masing-masing, tidak satu pun yang ditinggalkan, serta dilakukan dengan penuh kesadaran, penguasaan diri dan rasa tanggung jawab. Peneliti menemukan ketidakdisiplinan shalat lima waktu dikalangan mahasiswa IAIN Kediri diduga karena bermain game online. Oleh karena itu, peneliti ingin membuktikan apakah ada hubungan antara bermain game online dengan tingkat kedisiplinan beribadah shalat lima waktu pada mahasiswa IAIN Kediri. Untuk mengukur bermain game online menggunakan terpaan media dengan indikator durasi, frekuensi dan atensi. Sedangkan untuk mengukur tingkat kedisiplinan shalat lima waktu menggunakan efek behavioral yang terjadi dengan indikator ketepatan waktu, ketertiban, tanggung jawab dan kemauan atau kehendak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei/angket yang diisi oleh 100 responden dengan cara accidental sampling, yaitu responden ditemui secara kebetulan dan dirasa cocok untuk dijadikan sampel. Kriteria sampelnya adalah mahasiswa IAIN Kediri yang bermain game online. Uji yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji nonparametrik metode korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,01 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat hubungan antara bermain game online dengan tingkat kedisiplinan beribadah shalat lima waktu mahasiswa IAIN Kediri. Nilai koefisien korelasi = -0,379 berada pada rentang 0,20 – 0,40 yang berarti tingkat hubungannya lemah. Tanda minus menunjukkan hubungannya negatif. Artinya, terdapat hubungan yang negatif dengan kekuatan lemah yang signifikan antara bermain game online dengan tingkat kedisiplinan beribadah shalat lima waktu mahasiswa IAIN Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Salsabila Najmi Nuha
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:49
Last Modified: 27 Aug 2024 06:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14401

Actions (login required)

View Item View Item