Trisnawati, Ayu Yulia (2019) Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Al Qur’an Dengan Metode Ummi Di Tpq Nurul Hidayah Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932137015 - PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932137015 - BAB I .pdf Download (604kB) |
|
Text
932137015 - BAB II .pdf Download (591kB) |
|
Text
932137015 - BAB III .pdf Download (355kB) |
|
Text
932137015 - BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) |
|
Text
932137015 - BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
|
Text
932137015 - BAB VI .pdf Download (311kB) |
|
Text
932137015 - DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (218kB) |
|
Text
932137015 - LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pengelolaan kelas merupakan suatu yang sangat penting, karena dengan adanya pengelolaan kelas maka akan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan efisien. Akan tetapi dalam pelaksanaannya seorang guru pasti menghadapi suatu permasalahan dan hambatan, baik dalam mengelola siswa maupun dalam mengelola prasarana kelas. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran Al Qur’an dengan metode Ummi di TPQ Nurul Hidayah Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk?, 2) Apakah faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran Al Qur’an dengan metode Ummi di TPQ Nurul Hidayah Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas yang dilakukan dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi di TPQ Nurul Hidayah, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pengelolaan kelas yang dilakukan dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi di TPQ Nurul Hidayah. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif dan penelitian ini dilakukan di TPQ Nurul Hidayah. Adapun data yang didapatkan berasal dari lokasi hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalam deskriptif yaitu dengan cara membuat gambaran yang sistematis dan factual, dan analisisnya dilakukan dengan tiga cara, di antaranya adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan terakhir adalah penarikan kesimpulan (conclusion verifiying). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Strategi Pengelolaan Kelas pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi yang dilaksanakan di TPQ Nurul Hidayah antara lain Mengatur tempat duduk santri, Pemilihan bentuk kegiatan dan pengelolaan waktu dalam pembelajaran Al Qur’an dengan metode Ummi, Menangani santri yang mengganggu saat pembelajaran Al Qur’an. 2) Faktor pendukung strategi pengelolaan kelas dengan Metode Ummi di TPQ Nurul Hidayah, yaitu Peran kepala TPQ yang selalu melakukan pengawasan terhadap pembelajaran Al Qur’an, Manajemen metode Ummi yang terstruktur, dan anak-anak yang tertib masuk kelas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah guru yang kurang telaten dalam mengerjakan administrasi pembelajaran Al Qur’an dan kurang terpenuhinya sarana bangku.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 04:57 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 04:57 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1440 |
Actions (login required)
View Item |