Diyah, Zuhriawati (2024) PERSEPSI GENERASI Z DI DESA TENGARAN KECAMATAN PETERONGAN KABUPATEN JOMBANG TENTANG KONTEN DAKWAH DI AKUN TIKTOK @KADAMSIDIK00. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
Text
933510319_prabab.pdf Download (794kB) |
|
Text
933510319_bab1.pdf Download (529kB) |
|
Text
933510319_bab2.pdf Download (459kB) |
|
Text
933510319_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
Text
933510319_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
|
Text
933510319_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
Text
933510319_bab6.pdf Download (167kB) |
|
Text
933510319_daftarpustaka.pdf Download (392kB) |
|
Text
933501319_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (241kB) |
Abstract
Persepsi Generasi Z Di Desa Tengaran Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang Tentang Konten Dakwah Di Akun Tiktok @Kadamsidik00. Tiktok sebagai berdakwah melalui fiturnya yang lengkap baik berupa visual maupun audiovisual dimanfaatkan pendakwah atau dai untuk menyebarkan dakwah secara modern. Fenomena tiktok yang digunakan sebagai media dakwah. Objek kajian penelitian ini adalah Husain Basyaiban, seorang dai dakwah menggunakan tiktok dengan akun tiktoknya @kadamsidik00. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi generasi Z di Desa Tengaran Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang tentang konten dakwah di akun tiktok @kadamsidik00. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang merupakan pengikut dan mengetahui tentang akun tiktok Husain Basyaiban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi generasi Z tiktok mampu menjadi wadah yang tepat dan efektif yang bisa digunakan oleh para dai untuk memberikan dakwah-dakwah tentang agama, hukum dalam Islam dan sebagainya. Persepsi generasi Z tentang konten dakwah akun tiktok @kadamsidik00 terdiri dari tiga aspek. Aspek pertama adalah kognitif, dimana generasi Z menerima pesan dakwah yang disampaikan oleh @kadamsidik00 sehingga menimbulkan pengetahuan baru serta keyakinan terhadap konten tersebut. Aspek kedua adalah afektif, konten yang dibuat oleh @kadamsidik00 mampu menjadi penyeimbang konten-konten negatif yang ada di tiktok. Adanya konten dakwah @kadamsidik00 yang juga dikemas dengan menarik mampu menimbulkan efek positif terhadap diri. Aspek ketiga adalah konatif (behavior component), ilmu (pengetahuan) yang diterima oleh generasi Z dari konten @kadamsidik00 kemudian menimbulkan efek positif terhadap generasi Z. Sehingga menimbulkan keinginan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Keywords: Persepsi, Konten Dakwah, Tiktok @kadamsidik00
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | DIYAH ZUHRIAWATI |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 06:46 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 06:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14394 |
Actions (login required)
View Item |