Representasi Edukasi Anti Kekerasan Pada Konten Instagram @Kalis.Mardiasih Dalam Perspektif Semiotika Roland Barthes

Luthfiana, Syayidah (2024) Representasi Edukasi Anti Kekerasan Pada Konten Instagram @Kalis.Mardiasih Dalam Perspektif Semiotika Roland Barthes. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20103126_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20103126_bab1.pdf

Download (496kB)
[img] Text
20103126_bab2.pdf

Download (539kB)
[img] Text
20103126_bab3.pdf

Download (360kB)
[img] Text
20103126_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
20103126_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
20103126_bab6.pdf

Download (9kB)
[img] Text
20103126_daftarpustaka.pdf

Download (236kB)

Abstract

Di zaman yang serba canggih ini banyak masyarakat yang mengalami perubahan sikap yang sangat drastis, dari perubahan cara berkomunikasi, bersikap, cara menghormati lawan jenis dan bersosial budaya. Sikap mereka terdampak dari penggunaan henadphone secara berlebihan, sehingga sifat emosi bisa berubah-ubah setiap harinya. Mereka kadang melakukan tindakan yang tidak senonoh seperti kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT, kekerasan seksual. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui isi konten pada akun @kalis.mardiasih dalam mengedukasi anti kekerasan dan untuk mengetahui makna dari konten edukasi anti kekerasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah Semiotika Roland Barthes yaitu pemaknaan melalui tanda. Roland Barthes mengembangkan dua sistem penandaan bertingkat, yang disebutnya sistem denotasi dan konotasi. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa edukasi anti kekerasan di konten Instagram @kalis.mardiasih berfokus pada nilai-nilai seperti kejujuran, tenggang rasa, kepercayaan, tolong menolong, penyelamatan, perlindungan, dan keamanan. Agenda pencegahan kekerasan harus melibatkan pembentukan petugas pencegahan, kerjasama dengan masyarakat, dan pengawasan terhadap korban kekerasan. Representasi ini mendorong pengguna media sosial untuk memilih tontonan yang edukatif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: SYAYIDAH LUTHFIANA
Date Deposited: 28 Aug 2024 08:16
Last Modified: 28 Aug 2024 08:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14352

Actions (login required)

View Item View Item