Ningrum, Ananda Inge Khusnul Widya (2024) Gaya Berpakaian Penggemar K-Pop Dikalangan Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama Angkatan 2019 Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933701919.prabab.pdf Download (753kB) |
|
Text
933701919.bab1.pdf Download (593kB) |
|
Text
933701919.bab2.pdf Download (495kB) |
|
Text
933701919.bab3.pdf Download (486kB) |
|
Text
933701919.bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
933701919.bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
Text
933701919.bab6.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
Text
933701919.daftarpustaka.pdf Download (310kB) |
|
Text
933701919_spDOC-20240827-WA0004..pdf Download (103kB) |
Abstract
Kemunculan budaya pop Korea di Indonesia membuat para remaja mengalami perubahan dalam gaya hidupnya terutama pada gaya berpakaian, karena budaya pop Korea memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap aspek kehidupan sehari-hari mulai dari perilaku, makanan, selera musik, makanan, pakaian dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui bagaimana model pakaian idol K-Pop. (2) untuk mengetahui model mana saja yang banyak disukai oleh penggemar K-Pop. (3) untuk mengetahui dampak dari peniruan model pakaian idol K-Pop terhadap sosial dan budaya bagi para penggemarnya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teori strukturalisme konstruktif yang dikemukakan oleh Pierre Bourdiue. Data diperoleh melalui teknik metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Milles and Huberman (1992) yakni dengan menggunakan model analisis interaktif, diantaranya: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pakaian idol K-Pop memiliki perbedaan dan ciri khas tersendiri, seperti casual style, all in black, sporty style, airport style dan sweater vest. (2) semua subjek memiliki persamaan dalam menyukai fashion style idolanya seperti casual style dan airport style. Ada 5 subjek yang menyukai sporty style, ada 2 subjek yang menyukai sweater vest dan all in blak sebagaimana yang di gunakan oleh idol K-Pop. Alasannya karena pakaian tersebut terkesan nyaman, simple, dan fashionable. (3) terdapat 2 dampak yang mempengaruhi gaya berpakaian subjek yakni dampak sosial dan dampak budaya. Setiap individu merasa bahwa mereka lebih percaya diri, kreatif, merasa modis saat berpenampilan dan juga di pengaruhi oleh media sosial untuk mencari referensi tentang fashion style. Meskipun mereka menyukai budaya pop Korea, akan tetapi tidak sepenuhnya mereka mengonsumsi budaya pop Korea yang sudah ditawarkan di Indonesia, hal ini dilihat bahwa gaya berpakaian subjek tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh budaya pop Korea. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa ada satu subjek yang bertentangan dengan melepas hijabnya saat pergi bermain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160805 Social Change |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama |
Depositing User: | ANANDA INGE KHUSNUL WIDYA NINGRUM |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 04:15 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 04:15 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14342 |
Actions (login required)
View Item |