Khoir, Ni'matul (2020) Program Khitabah Sebagai Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Dakwah (Studi Kasus Di Tpq Al-Ikhlas Dusun Kepuh Gudo Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
Pra bab.pdf Download (411kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (233kB) |
|
Text
bab 2.pdf Download (413kB) |
|
Text
bab 3.pdf Download (235kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
Text
bab 6.pdf Download (89kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (208kB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (927kB) |
Abstract
Kemampuan dakwah adalah suatu kompetensi yang perlu dikembangkan guna mencetak generasi santri yang ahli berdakwah. Pada dasarnya para santri telah memiliki kemampuan dakwah, namun karena kurang dilatih, akhirnya potensi tersebut belum terlihat dan menjadikan masyarakat masih kurang percaya akan kemampuan dalam hal menyampaikan dakwah yang dimiliki oleh para santri, salah satunya yaitu di TPQ Al-Ikhlas. Salah satu langkah guna meningkatkan kemampuan dakwah pada santri, seperti yang diterapkan di TPQ Al-Ikhlas Dusun Kepuh Gudo Jombang adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran yang berupa program Khitabah. Adapun fokus penelitian yang dibahas di dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan dakwah santri di TPQ Al-Ikhlas Dusun Kepuh Gudo Jombang? (2) Bagaimana penerapan program Khitabah di TPQ Al-Ikhlas Dusun Kepuh Gudo Jombang? (3) bagaimana evaluasi yang dilakukan terhadap penerapan program Khitabah dalam meningkatkan kemampuan dakwah santri di TPQ Al-Ikhlas Dusun Kepuh Gudo Jombang?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang di TPQ Al-Ikhlas Dusun Kepuh Gudo Jombang. Pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan 3 cara yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan serta triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa tingkat kemampuan dakwah yang dimiliki oleh santri TPQ Al-Ikhlas berada dalam kategori sedang yang dapat dilihat dari tingkat pemahaman ilmu agama serta kemampuan public speaking yang masih perlu diasah. Guna meningkatkan kemampuan dakwah santri, maka diterapkan strategi pembelajaran baru yaitu program Khitabah yang bertujuan mencetak generasi santri yang ahli dalam hal dakwah. Terkait penerapan program Khitabah, maka materi yang digunakan yaitu menggunakan materi dasar, seperti bab shalat, puasa, keutamaan Ramadhan, dll. Dalam penerapan program ini, yang menjadi kendala terbesar adalah rendahnya rasa percaya diri yang dapat dikurangi dengan mulai menasehati, mengajak mereka mengenali lingkungan baru kemudian action. Untuk melihat capaian dari penerapan program Khitabah dalam meningkatkan kemampuan dakwah, maka dilakukan evaluasi yang meliputi evaluasi kemampuan dakwah, evaluasi penggunaan materi, evaluasi penerapan program Khitabah
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 04:18 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 04:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1434 |
Actions (login required)
View Item |