Aprilida, Cahaya Tsalatsa (2024) Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MTsN 6 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20205038_prabab.pdf Download (881kB) |
|
Text
20205038_bab1.pdf Download (218kB) |
|
Text
20205038_bab2.pdf Download (230kB) |
|
Text
20205038_bab3.pdf Download (75kB) |
|
Text
20205038_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (879kB) | Request a copy |
|
Text
20205038_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text
20205038_bab6.pdf Download (112kB) |
|
Text
20205038_daftarpustaka.pdf Download (191kB) |
|
Text
20205038_Surat Pernyataan.pdf Download (127kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena lembaga pendidikan yang berdiri untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Setiap lembaga pendidikan tentunya memiliki tanggung jawab tersendiri untuk meningkatkan prestasi siswa dan membentuk karakter disiplin siswa. Karakter disiplin sejak dini sangat penting untuk diterapkan di lembaga pendidikan. Maka disinilah peranan manajemen peserta didik menjadi bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dengan lembaga pendidikan guna meningkatkan dan membina kedisiplinan peserta didiknya. Untuk mengetahui hal tersebut, maka peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan manajemen peserta didik di MTsN 6 Kediri, (2) Bagaimana kedisiplinan siswa di MTsN 6 Kediri (3) Bagaimana manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 6 Kediri?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen peserta didik di MTsN 6 Kediri, serta ingin mengetahui kedisiplinan di MTsN 6 Kediri, juga sekaligus mengetahui pelaksanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan di MTsN 6 Kediri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, Wakil Kepala Kesiswaan, tim ketertiban, guru BK, dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Manajemen peserta didik di MTsN 6 Kediri meliputi kegiatan perencanaan kesiswaan yaitu analisis kebutuhan, rekrutmen peserta didik, dan seleksi peserta didik. Pembinaan kesiswaan yaitu kegiatan orientasi peserta didik, pengelompokan peserta didik, pembinaan layanan peserta didik, dan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler. Serta evaluasi kesiswaan. (2) Kedisiplinan siswa di MTsN 6 Kediri sudah cukup baik. Namun masih ada beberapa siswa yang melakukan pelanggaran-pelanggaran, seperti terlambat datang ke madrasah, siswa laki-laki rambutnya panjang, tidak melengkapi atribut sekolah, tidak melaksanakan sholat berjama’ah, dan sebagainya. (3) Manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dilakukan dengan memberikan keteladanan, menerapkan program pembiasaan, dan menerapkan sistem hukuman.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | CAHAYA TSALATSA APRILIDA |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 06:27 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 06:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14320 |
Actions (login required)
View Item |