Fitri Karunia, Meialda (2020) Peran Pusat Informasi Dan Konseling Remaja Dalam Membangun Kepribadian Siswa Di Sma Pawyatan Daha Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
Pra bab.pdf Download (620kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (221kB) |
|
Text
bab 2.pdf Download (264kB) |
|
Text
bab 4.pdf Download (271kB) |
|
Text
bab 3.pdf Download (229kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (213kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (213kB) |
Abstract
Kepribadian siswa menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan oleh berbagai pihak termasuk sekolah. Pembentukan kepribadian siswa perlu diperhatikan lantaran di era milenial ini, semakin banyak siswa-siswi usia remaja yang kurang peduli akan pentingnya membangun kepribadian yang sehat agar tidak tergolong ke dalam kategori remaja yang memiliki kepribadian yang tidak sehat. Di sekolah pembentukan kepribadian siswa dapat lakukan melalui organisasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R). Salah satu PIK R yang ada di kota kediri adalah PIK R SMADAHA Care di SMA Pawyatan Daha kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peran Pusat Informasi dan Konseling Remaja dalam membentuk kepribadian siswa serta untuk mengetahui berbagai faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh organisasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) SMADAHA Care berperan dalam membangun kepribadian siswa yang sehat yakni kepribadian yang mandiri, bertanggung jawab atas dirinya dan terhindar dari kenakalan remaja sehingga mereka dapat berorientasi pada tujuan melalui berbagai kegiatan yang sifatnya positif seperti sosialisasi, permainan berisi materi seputar bahaya TRIAD (seksualitas, napza, HIV dan AIDS), layanan konseling, dan pelatihan life skill untuk mengembangkan keahlian siswa. Adapun dalam pelaksanaannya, faktor pendukung PIK R SMADAHA Care dalam membangun kepribadian siswa adalah adanya dukungan dan kerjasama dengan pihak internal sekolah dan eksternal sekolah seperti BNN kota Kediri dan BPPKB kota Kediri, serta tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambat yang dialami PIK R SMADAHA Care adalah kurangnya antusias siswa, waktu yang terbatas, dan kurangnya tingkat keterbukaan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 04:03 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 04:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1432 |
Actions (login required)
View Item |