Strategi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kedisiplinan Guru Di MTsN 2 Nganjuk

Rosidha, Nadya (2024) Strategi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kedisiplinan Guru Di MTsN 2 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205030_prabab.pdf

Download (970kB)
[img] Text
20205030_bab1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
20205030_bab2.pdf

Download (226kB)
[img] Text
20205030_bab3.pdf

Download (210kB)
[img] Text
20205030_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text
20205030_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
20205030_bab6.pdf

Download (121kB)
[img] Text
20205030_daftarpustaka.pdf

Download (181kB)
[img] Text
20205030_suratpernyataan.pdf

Download (112kB)

Abstract

Kedisiplinan merupakan tindakan yang sangat berharga dan merupakan sebuah tuntutan dalam proses menggapai kesuksesan untuk mencapai tujuan pendidikan. Hal tersebut tidak terlepas dari peran kepala madrasah. Kepala madrasah merupakan penentu arah kebijakan yang akan menentukan seperti apa strategi yang akan dijalankan. Untuk meningkatkan kedisiplinan guru, kepala madrasah perlu menyusun strategi dengan bijak. Fokus penelitian ini adalah, 1) Bagaimana perencanaan strategi kepala madrasah dalam peningkatan kedisipinan guru di MTsN 2 Nganjuk, 2) Bagaimana pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam peningkatan kedisiplinan guru di MTsN 2 Nganjuk, 3) Bagaimana evaluasi strategi kepala madrasah dalam peningkatan kedisiplinan guru di MTsN 2 Nganjuk. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah- langkah: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, 4) Penarikan kesimpulan. Pengecekan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini adalah, 1) perencanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru yang meliputi disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan, disiplin sikap, disiplin beribadah, memiliki beberapa aspek perencanaan yang digunakan, yakni prakiraan, penetapan tujuan, pemrograman, penjadwalan, pengembangan prosedur, penetapan dan interpretasi kebijakan. 2) pengimplementasian rencana strategi di lakukan sebagai upaya menanamkan disiplin pada guru dengan melalui proses penyadaran seperti contoh datang dan pulang harus sesuai jam pada aturan yang sudah ditetapkan, membiasakan menerapkan disiplin sikap dengan menunjukkan sikap tidak gegabah dalam melakukan sesuatu, bersikap baik beraklakul karimah, kemudian dapat dengan senang hati melakukan berbagai aktivitas ibadah. 3) evaluasi yang digunakan yakni berupa penilaian kinerja guru (PKG) hasil dari pkg tersebut nantinya akan digunakan untuk menyusun nilai kinerja guru, yang isinya terkait kompetensi yang meliputi disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan,disiplin sikap, disiplin beribadah. Pentingnya pelaksanaan evaluasi guru tersebut yakni sebagai bagian terpadu dalam pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: NADYA ROSIDHA
Date Deposited: 26 Aug 2024 06:32
Last Modified: 26 Aug 2024 06:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14317

Actions (login required)

View Item View Item