Nurhamida, Afni (2019) Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Akhlaqul Karimah Siswa Di SMP Al-Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932130615 - PRABAB .pdf Download (1MB) |
|
Text
932130615 - BAB 1 .pdf Download (277kB) |
|
Text
932130615 - BAB 2 .pdf Download (390kB) |
|
Text
932130615 - BAB 3 .pdf Download (150kB) |
|
Text
932130615 - BAB 4 .pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
|
Text
932130615 - BAB 5 .pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
Text
932130615 - BAB 6 .pdf Download (121kB) |
|
Text
932130615 - DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (223kB) |
|
Text
932130615 - LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Akhlaqul karimah siswa di SMP Al Huda Kota Kediri sudah cukup baik dalam ruang lingkup sekolah. Dengan adanya kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan akhlaqul karimah siswa, diharapkan agar siswa mempunyai integritas, karakter, maupun budi pekerti yang lebih baik. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana akhlaqul karimah siswa di SMP Al-Huda Kota Kediri ? 2) Apa saja kebijakan yang diambil kepala sekolah dalam meningkatkan akhlaqul karimah siswa di SMP Al-Huda Kota Kediri ? Dengan tujuan untuk mengeksplorasi akhlaqul karimah siswa di SMP Al-Huda Kota Kediri dan untuk mengeksplorasi kebijakan yang diambil Kepala Sekolah dalam meningkatkan akhlaqul karimah siswa di SMP Al-Huda Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan meliputi data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ verification (kesimpulan). Pengeceka nkeabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian terdiri dari tahap pralapangan, tahap pekerjaan lapangan.tahap analisis, tahap penulisan laporan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Akhlaqul karimah siswa di SMP Al Huda terbagi menjadi tiga, yaitu akhlak terhadap Allah sudah baik, siswa dapat melaksanakan sholat, istighosah dan tahlil, membaca yasin dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya dengan tertib. Akhlak terhadap manusia sudah baik, yakni terhadap guru dan siswa lainnya. Siswa saling menyapa dan bersalaman ketika bertemu guru, dan menjalin hubungan siswa lainnya dengan baik dan tidak ada bullying. Akhlak terhadap lingkungan masih kurang, masih terdapat siswa yang membuang sampah tidak pada tempatnya dan terdapat tanaman yang mati. 2) Kebijakan yang diambil kepala sekolah, yang pertama, kebijakan terhadap guru yang meliputi guru harus memberi nasihat dan motivasi dalam pembelajaran berlangsung, harus menjalin hubungan baik dengan siswa dan harus bersikap disiplin serta menjadi suru tauladan. Kedua, kebijakan terhadap siswa meliputi siswa harus menghormati guru, siswa harus disiplin dalam menjalankan tata tertib, peraturan dan kegiatan pembiasaan yang dilakukan, dan siswa yang melanggar peraturan harus diberi sanksi yang mendidik. Ketiga, kebijakan terkait fasilitas yaitu Infrastruktur harus tersedia dan terus dilakukan evaluasi untuk mencapai tujuan dan untuk mendukung peningkatan akhlaqul karimah siswa. Keempat, kebijakan terkait ix kurikulum meliputi di dalam RPP ataupun rancangan pembelajaran harus memasukkan nilai-nilai karakter atau akhlaq di dalamnya dan kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa kelas 7 dan 8.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 03:42 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 03:42 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1431 |
Actions (login required)
View Item |