Nuraisyah, Della Ayu (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah di BMT UGT Nusantara Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
This is the latest version of this item.
Text
931404117_prabab.pdf Download (375kB) |
|
Text
931404117_bab1.pdf Download (228kB) |
|
Text
931404117_bab2.pdf Download (189kB) |
|
Text
931404117_bab3.pdf Download (169kB) |
|
Text
931404117_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
|
Text
931404117_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
|
Text
931404117_bab6.pdf Download (39kB) |
|
Text
931404117_daftar_pustaka.pdf Download (149kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (221kB) |
Abstract
Dalam lingkungan perdagangan bebas saat ini, semua bisnis menghadapi persaingan yang ketat, yang memaksa mereka untuk terus fokus pada keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan menawarkan layanan unggul untuk membedakan mereka dari pesaing. Pelayanan unggul dapat mempengaruhi evaluasi, keputusan, dan pengalaman pelanggan terhadap layanan yang diterimanya. Kepuasan pelanggan sering kali menghasilkan loyalitas terhadap bisnis yang berfokus pada penawaran layanan berkualitas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Adapun jenis penelitian ini adalah kuantitatif berbasis statistik. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan observasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah yang aktif menabung di BMT UGT Nusantara. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas pelayanan nasabah di BMT UGT Nusantara Kediri dapat dinilai sangat baik berdasarkan indikator pelayanan yang meliputi pelayanan ramah dan profesional yang diberikan oleh karyawan, yang bertindak sopan, santun, dan sesuai dengan nilai-nilai Islami, menciptakan kenyamanan bagi nasabah. Berdasarkan observasi, menunjukkan adanya peningkatan tingkat kepuasan nasabah dari 59,59% pada tahun 2020 menjadi 60,23% pada tahun 2023 serta diikuti dengan adanya penurunan tingkat ketidakpuasan nasabah dari 40,41% pada tahun 2020 menjadi 39,77% pada tahun 2023. Hal ini menandakan bahwa kualitas pelayanan nasabah di BMT UGT Nusantara Kediri terus mengalami perbaikan mutu dari tahun ke tahun. (2) Kepuasan nasabah BMT UGT Nusantara Kediri mengalami peningkatan dari tahun 2020 hingga 2023 dimana pada tahun 2020 kepuasan nasabah berada pada angka sebesar 59,59% menjadi 60,23% pada tahun 2023. Terbukti adanya tren positif dalam hal kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan oleh BMT UGT Nusantara Kediri. Berdasarkan wawancara, nasabah merasa puas dengan pelayanan sistem tabungan, penarikan, dan pencairan sangat lancar, serta penjelasan dari pegawai yang memudahkan dalam memilih jenis tabungan yang tepat. Sehingga berdampak pada peningkatan pembukaan jumlah rekening di BMT UGT Nusantara Kediri. (3) Terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan dengan variabel kepuasan nasabah yang ditunjukkan oleh hasil nilai t hitung sebesar 3,435 dan taraf signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan merupakan faktor yang perlu diperhitungkan dalam rangka meningkatkan kepuasan nasabah di BMT UGT Nusantara Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | della ayu nuraisyah |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 04:05 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 04:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14286 |
Available Versions of this Item
- Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah di BMT UGT Nusantara Kediri. (deposited 27 Aug 2024 04:05) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |