Lailiah Putri Esa, Nurul Hidayatul (2020) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Anak Di Mtsn 7 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
pra bab.pdf Download (698kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (150kB) |
|
Text
bab 2.pdf Download (121kB) |
|
Text
bab 3.pdf Download (109kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (946kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
Text
bab 6.pdf Download (92kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (138kB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Guru mempunyai pengaruh yang besar bukan hanya pada prestasi pendidikan anak, tetapi juga pada sikap anak disekolah dan terhadap lingkungannya. Karena dalam proses belajar mengajar, kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki atau dikuasai siswa tidak hanya kemampuan intelektual, sikap, dan psikomotorik saja, namun sangat penting juga untuk siswa dapat memahami dan dapat menguasai kecerdasan emosional ataupun kecerdasan spiritual. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengembangkan kreatifitas siswa sehingga dapat mendukung tingkat kecerdasan emosional dan spiritual siswa. Berangkat dari permasalahan tersebut maka fokus masalah yang diambil damal penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak di MTsN 7 Kediri, 2) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MTsN 7 Kediri, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual pada anak di MTsN 7 Kediri. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di MTsN 7 Kediri. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam, wakil kepala sekolah, dan salah satu wali kelas di MTsN 7 Kediri. Teknik analisis datanya yakni menggunakan display data, reduksi data dan verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, 1) Guru selalu memberikan nasihat dan motivasi, memberikan kegiatan atau ekstrakurikuler keagamaan, mengajak siswa menjenguk teman sakit atau yang sedang terkena musibah, melakukan diskusi kelas, mendisiplinkan siswa, dan menanamkan sikap hormat, 2) Guru melakukan pembiasaan membaca do’a, memberikan contoh perilaku yangbaik, menumbuhkan sikap muraqabah, dan mengajrkan tauhid. 3) Faktor pendukungnya adalah komunikasi yang baik antara siswa dengan guru, sarana prasarana yang memadai, serta lingkungan sekolah yang berbasis Islami. Faktor penghambatnya adalah faktor keluarga dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 02:18 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 02:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1426 |
Actions (login required)
View Item |