Analisis Etnomatematika Pada Candi Tegowangi Sebagai Sumber Belajar Matematika Siswa

RAHMASARI, NAFI’ (2024) Analisis Etnomatematika Pada Candi Tegowangi Sebagai Sumber Belajar Matematika Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932303017_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932303017_bab1.pdf

Download (178kB)
[img] Text
932303017_bab2.pdf

Download (428kB)
[img] Text
932303017_bab3.pdf

Download (350kB)
[img] Text
932303017_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932303017_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
932303017_bab6.pdf

Download (70kB)
[img] Text
932303017_daftarpustaka.pdf

Download (86kB)
[img] Text
932303017_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
932303017_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (188kB)

Abstract

SARI, NAFI RAHMA, Dosen Pembimbing AHMAD SYAMSUDIN, M.Kom. dan NUR FADILATUL ILMIYAH, M.Si, Analisis Etnomatematika Pada Candi Tegowangi Sebagai Sumber Belajar Matematika Siswa, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata kunci: Etnomatematika, Candi Tegowangi, Sumber Belajar Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa disadari manusia sering melakukan aktivitas matematika seperti membilang, mengukur, memprediksi, membuat pola dan grafik. Hasil penelitian Program for International Student Assessment (PISA) 2022 baru-baru ini yang diumumkan pada 5 Desember 2023, Indonesia berada di peringkat 68 dengan skor matematika (379) dan berada pada kategori rendah. Untuk mengetahui adanya kaitan antara matematika dengan kehidupan nyata dapat ditemukan melalui etnomatematika. Etnomatematika merupakan pembelajaran matematika dengan memasukkan unsur budaya di dalamnya. Candi Tegowangi merupakan salah satu peninggalan sejarah/budaya yang berada di kawasan kediri tetapi masih belum diketahui oleh banyak kalangan. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui konsep matematika pada relief dan ornamen Candi Tegowangi agar dapat diimplentasikan pada pembelajaran matematika berupa soal latihan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Instrumen utama dalam penelitian ini yaitu peneliti, sedangkan instrumen lainnya yaitu panduan wawancara, observasi, dokumentasi, dan literaratur. Lokasi penelitian berada di kawasan wisata Candi Tegowangi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis domain, taksonomi, komponensial dan tema kultural. Pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan penelitian hasil analisis menggunakan kesepakatan antar rater (inter rater reliability) serta kualitas soal dihitung dengan uji validitas isi menggunakan koefisien Aiken’s V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis relief dan ornamen candi dan berdasarkan kesepakatan antar rater, konsep matematika yang dapat ditemukan yaitu konsep garis dan sudut, konsep geometri bidang (persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga, trapesium, belah ketupat), konsep geometri ruang (kubus dan balok), konsep geometri transformasi (translasi, refleksi, rotasi). Penemuan tersebut menunjukkan adanya etnomatematika pada relief dan ornamen Candi Tegowangi. Sedangkan berdasarkan hasil uji validitas isi soal, dari 10 soal yang dibuat terdapat tiga butir soal yaitu soal nomor 5, 9, dan 10 yang dinyatakan valid pada seluruh indikator sedangkan soal lainnya dinyatakan valid pada sebagian besar indikator.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: NAFI RAHMASARI
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:38
Last Modified: 27 Aug 2024 03:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14258

Actions (login required)

View Item View Item