RAHMAWATI, OKTAFIA DEWI (2024) IMPLEMENTASI ASESMEN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 PLOSOKLATEN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
Text
932139319_prabab.pdf Download (565kB) |
|
Text
932139319_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (279kB) |
|
Text
932139319_bab1.pdf Download (380kB) |
|
Text
932139319_bab2.pdf Download (569kB) |
|
Text
932139319_bab3.pdf Download (371kB) |
|
Text
932139319_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932139319_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
|
Text
932139319_bab6.pdf Download (334kB) |
|
Text
932139319_daftarpustaka.pdf Download (339kB) |
|
Text
932139319_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Asesmen Kurikulum Merdeka Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Plosoklaten Tahun 2023/2024”. Ini ditulis oleh Oktafia Dewi Rahmawati, NIM: 932139319, dibimbing oleh Ninik Zuroidah, M.Si. dan Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Penerapan, Asesmen Kurikulum Merdeka Dalam kurikulum merdeka banyak kebijakan-kebijakan baru yang diresmikan oleh pemerintah kemendikbud. Penelitian ini berfokus pada bagaimana guru melakukan asesmen diagnostik, formatif dan sumatif. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah atau cara guru dalam merencanakan hingga melakukan asesmen. Dengan penelitian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dalam mengembangkan langkah-langkah melakukan asesmen kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk menggambarkan keadaan atau objek penelitian apa adanya. Teknik pengumplan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah guru PAI dan peserta didik kelas VII. Adapun analisis data dilakukan dengan menelaah, mereduksi, menyajikan dan menyimpulkan data yang telah didapatkan dan berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menujukkan bahwa asesmen kurikulum merdeka pada mata pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 3 Plosoklaten telah dilaksanakan melihat dari asesmen diagnostik kognitif dan no-kognitif diawal pembelajaran dimana pendidik melakukan observasi serta menyebarkan angket untuk mendiagnositik gaya belajar dan memberikan soal untuk mendiaknostik kesiapan peserta didik. Asesmen formatif dilakukan diawal hingga proses pembelajaran pendidik dapat menggunakan instrumen yang bervariasi yaitu melakukan observasi, anekdot, rubrik mandiri dan sebaya, temukan kata. Setelah dapat diketahui bahwa peserta didik mampu memahami dengan baik maka pendidik perlu membimbing peserta didik yang masih kesulitan memahami konsep dan mengintervensi peserta didik. Lalu asesmen sumatif merupakan penilaian yang dilakukan pada akhir pembelajaran berupa latihan soal, penilaian harian, peta konsep, PTS dan PAS. Instrumen yang digunakan masih sama yaitu tes tulis untuk satu kelas, belum mengacu pada gaya belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | OKTAFIA DEWI RAHMAWATI |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:20 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14257 |
Actions (login required)
View Item |